Recipe: Baekchu Kimchi (Fermented Chinese Cabbage)

Kimchii really love kimchi, i am one of fermented food Fans, like kimchi.. di indonesia juga ada banyak macam fermented food, dikampung ibuku tanjung raja, talang balai, OKI. mengenal yang namanya “pekasam” , made from fermented fish, salt and rice, and keep it tight for ages. karena di desa ada sungai sebagai sumber makanan, jadi ikan2 kecil seperti ikan sepat, atau patin, suka dibikin pekasam.. dimasak dengan santan.. hmmm rasanya mantaappp.. (kapan2 aku sharing resepnya)

Ada juga namanya Acar-acaran.. yang kusuka itu dari timun.. at my hometown (palembang), i used to make cucumber salad with Chili, salt, some onion, and dried shrimp. eat fresh with hot rice, tasted really good. ada juga acar dari timun yang di kasih cuka dan dan garam, tapi kalo acar lobak, atau sawi seperti kebanyakan dijual di pasar gede yang baunya menyengat itu, (biasa dibikin oleh keluarga tionghoa) aku ngga suka, dari baunya aja udah ga suka haha, terlalu kuat,, entah biasa dibikin apa.. tapi aku lebih suka acar timun yang asam atau yang pedas..

Continue reading

Jual Fresh Kimchi, Gochugaru, dan Anchovies Sauce

Gochugaru adalah bubuk cabe korea yang dijemur dibawah sinar matahari, proses nya yang alami rasanya berbeda dengan bubuk cabe lokal.  Gochujang adalah cabe dan soybean yang dibuat jadi pasta, lalu di fermentasikan untuk jangka waktu yang lama.. biasa untuk bumbu utama pembuatan kimchi, kimchi jigae dan masakan khas korea lainnya.

buat yang mau cobain bikin kimchi sendiri dirumah, terus kimchinya dibuat beberapa jenis masakan, Sekarang saya menyediakan gochugaru dan beberapa bahan masakan korea lainnya dalam bentuk kemasan Asli, import langsung dari korea. bukan repacking ya..

Gochugaru 500 gram Rp 158.700

Gochujang 500gr Rp 88.700

Kecap Ikan Teri (Anchovies Sauce) 400ml Rp 39.000

________________

Juga sedia fresh kimchi, buat yang pengen menyantap kimchi langsung yang sudah jadi. kimchi dibuat segar setelah ada pesanan, menggunakan sawi petani lokal dan tetap menggunakan bahan utama import langsung dari korea (gochugaru dan anchovies sauce). Rasa asin, pedas yang sedap dari bahan berkualitas, ditambah rasa asam yang segar dari hasil fermentasi alami. no vinegar, no alcohol, dan halal

dikirim langsung menggunakan kemasan double kemasan plastik dan small container sesuai ukuran. Tidak ada biaya tambahan, kecuali request menggunakan kemasan kedap udara bioskip korea. dan langsung dikirim via JNE/TIKI 1 hari pengiriman, kimchi akan melakukan proses fermentasi selama dalam perjalanan.

Kimchi dibuat segar saat dipesan, proses fermentasi berlangsung pada saat pengiriman. Bisa dimakan langsung pake nasi hangat dan wijen, dibikin sup kimchi, nasi goreng kimchi, atau dimakan bersama lauk sehari2. Kimchi bisa langsung disantap atau juga bisa di simpan dalam fridge selama 1 – 2 bulan penyimpanan.

Price:

19.000/100 gram (minimal 300gr)

90.000/500gr

170rb/kg

packacging fee 8000,-

Extra 50rb/Kg untuk Kemasan Bioskip or Lock&Lock 

Untuk pemesanan silahkan menghubungi saya. SMS/WA 082324707707 // PIN BB by Request

inbox facebook: https://facebook.com/nayoonez

Lokasi pengiriman dari SOLO. atau bisa juga meninggalkan jejak dibawah ini.. terimakasih, ditunggu pesanan nyaa

Update 10 Oktober 2016: No Resi akan di SMS/BBM masing2 ya Terimakasih buat yang sudah memesan 😉

Pemesanan Kimchi Sudah di Buka Kembali, bagi yang ingin memesan ditunggu pesanannya

Korea dan Sejarah Kulinernya

Siapa yang tidak kenal masakan korea, hampir smua orang paham dan kenal jenis masakan dari negara ginseng ini, cuma sekedar nonton korea drama hasil download -an ato di tivi lokal indonesia, pemirsa indonesia secara tidak langsung dikenalkan dengan budaya, makanan bahkan sejarah dari nergara korea..

Dari berbagai jenis masakan korea tak banyak diantaranya juga memiliki kekurangan tersendiri bagi lidah orang indonesia, justru karena indonesia lah masakan korea sendiri tidak lebih enak di lidah kita.. jika dibandingkan dengan indonesia yang agraris beriklim tropis tanah yang subur, dari sabang sampai merauke memiliki berbagai jenis rempah hasil bumi.. korea jelas kalah. mungkin ga sedikit orang bilang masakan korea itu ga ada enaknya, cuma rasa bawang doank, pedes doank rasanya, bahkan hambar.. justru dari sana kita harusnya bersyukur negara kita justru lebih kaya rasa dengan bumbu.

Bayangkan saja, korea yang sedang dipuja banyak orang saat ini, masakannya hanya sekedar terasa bawang dan cabai.. bukan maksudku untuk menyinggung negara korea, aku juga termasuk salah satu penggemar negara ini, apalagi masakannya aku semakin penasaran.. korea beriklim salju, merupakan salah satu negara yang menomersatukan kuliner mereka, sama hal nya indonesia yang menjagokan masakan tradisional sendiri.. korea juga punya sejarah kuliner mereka, asal mula bumbu yang mereka pakai, smua ada sejarahnya.. hingga saat ini masakan tersebut terkenal ke seluruh penjuru dunia.. bahkan menjadi faktor penarik wisatawan untuk berkunjung ke Negara mereka..

Sepengetahuanku, aku ingin mencoba berpendapat, diantara postingan atau artikel blog yang aku baca, banyak diantaranya kebelet wisata ke korea, pengen cobain masakan korea, shopping disana, menikmati pemandangannya.. dan ga sedikit juga udah bayangin macem-macem rasa masakan yang belum pernah mereka makan.. setelah sampai disana, keluar budget mencoba makanan authentic dan justru begitu dicoba mereka berkritik tentang masakan korea, ada juga yang rela ke korea backpackeran ato habisin banyak uang ke korea, untuk berwisata bahkan sekedar mencoba masakan korea, berbuah kecewa lantaran rasa masakannya nya yang rasanya cuma cabai dan bawang saja..

Sebelum terlalu mengharap yang berlebihan tentang korea, ada baiknya kita mengetahui dulu.. kebelet pengen dateng ke negaranya siwon, ato yoona girl generation lebih baik kita baca-baca dulu. korea memang terkenal dengan likungan yang indah.. banyak promo sana sini yang nunjukin kalo korea itu bagus sekali dibanding dengan negara kita, yah namanya juga promosi yang bagus2 pasti dikasih. belum lagi masakan korea, kebanyakan dari kita justru kenal masakan korea dari iklan, korea drama, ato youtube..  kalo soal masakan di indonesia juga sudah banyak menjamur restoran korea authentic bahkan yang abal-abal, penasaran soal rasanya, ada baiknya melirik resep makanan yang tersaji lengkap di google maupun sharingan youtube dari orang korea langsung.. mereka berani sharing karena menurut mereka itu adalah masakan enak dari negaranya, justru mereka bangga berbagi resep negara mereka sendiri, mereka senang kalo masakan negaranya di cobain oleh negara lain..

Korea merupakan salah satu negara yang sukses memperkenalkan masakan khas negaranya, cara nya pintar, mereka tau kalo film korea atau korea drama bebas dipertontonkan ke seluruh dunia, melalui broadcast tv cable berbayar, youtube maupun yang download gratisan bebas di forum-forum.. mereka dengan cerdik dan telaten memperkenalkan budaya dan masakan mereka melalui film dan korea drama, menyisipkan sedikit ato banyak adegan tentang makanan, bahkan ada drama khusus tentang kuliner dan sejarah nya korea.., dari sini banyak orang di seluruh dunia ingin sekali mencoba masakan korea, udah ngiler duluan pokoknya.. ditambah si idola bilang enak.. enak sekali… Hahaha langsung deh kepengen nyobain..

Bagi kita korea memang kalah soal rasa, tapi tidak bagi mereka, mereka justru masakan mereka itu sudah enak dilidah mereka dan mereka masih berterimakasih bisa menikmati makanan yang mereka makan saat ini, justru kita bersyukur semiskin-miskin nya negara kita, indonesia justru kaya akan rempah, dan bangga dengan masakan yang rasanya nano-nano.

semua masakan pasti ada sejarahnya, tidak terkecuali negara korea. korea juga pernah mengalami panca roba.. tidak sedikit bahan makanan utama korea yang sekarang ini terkenal dan sering digunakan justru asal mula nya bukan dari negara korea sendiri.. berikut contohnya

Chili (Cabai)

cabai hampir dipakai disetiap masakan korea, cabai sendiri kalo di kita sudah seperti bawang merah putihnya orang indonesia.. cabai di buatkan bahan utama bumbu pembuat gochujang, kimchi, dan yang lain.. justru cabai sendiri bukan berasal dari Korea, Cabai dikenalkan oleh negara eropa melalui jepang di abad ke 16, baru lah setelah itu pada jaman mereka cabai diolah menjadi berbagai jenis bumbu utama masakan. Agar tahan lama, cabai dibuat gochujang sebagai bumbu, atau bubuk cabai kering khas korea gochugaru.. Ini berguna agar cabai itu sendiri tahan lama, mempunyai rasa khas, cabai segar pasti ada umurnya, sebelum membusuk mereka mengolah cabai agar lebih tahan lama, karena korea negaranya beriklim salju, jadi wajar saja kebanyakan bahan makanan mereka difermentasi .. untuk bertahan hidup, agar makanan tidak mubazir busuk kemakan waktu, dan bisa untuk survive di musim salju pada jaman itu.. jadi jangan heran kebanyak makanan mereka beraroma fermentasi. cabai juga membantu menstimulasi tubuh pada saat musim dingin itu kenapa korea menjagokan cabai pada setiap masakan ato snack khas mereka..

Chinese Cabbage, atau Napa Cabbage (jepang) / Sawi putih

Dari namanya saja udah tau asalnya dari mana, kimchi yang terkenal itu pastilah menggunakan sayur, sayur utama pembuatan kimchi adalah sawi putih, alias nappa cabagge, sawi putih berasal dari china, pertama kali di temukan pada dinasti ming china, oleh herbalist Li Shizhen. Sawi ini dikenalkan ke Korea pada awal abad ke 20, dibawa oleh tentara jepang yang ada dari china, pada saat itu jepang sedang berperang dengan rusia

Gini deh, udah nonton film IP MAN baru-baru ini, film tentang cerita masternya Bruce Lee? Nah, ada beberapa scene saat negara jepang menjajah china. pada masa itulah jepang membawa sawi nya china ke korea.. itu kenapa di korea nyebutnya ini nappa cabbage, karena yang membawa sawi ini adalah orang jepang..

Barulah pada masa itu orang korea membuat kimchi menggunakan nappa cabbage. kimchi asal mulanya juga bukan kimchi sekarang ini, kimchi pada masa sebelum ini dibuat dari kaldu daging sapi dan sayuran. hingga jepang memperkenalkan cabai pada saat eropa dan amerika berperang.. jadilah kimchi yang kita kenal sekarang ini

Soy Bean (kacang kedelai)

Kacang kedelai, juga termasuk salah satu bahan utama pembuatan gochujang dan doenjjang, pernah nonton korea drama tentang chef nya arirang? pot keramic gede berjajar di tengah lapangan. nah itu adalah doenjang yang sedang di fermentasikan. Kacang kedelai juga asal nya dari china sampe akhirnya dikenalkan ke seluruh negara pada masa jaman peperangan, termasuk indonesia.. Kacang kedelai di korea sama halnya di indonesia, di fermentasikan untuk dijadikan kecap asin, kalo di korea di fermentasikan untuk dibuat pasta kacang kedelai, yang mempunyai rasa sama seperti kecap asin.. kasarnya sih pasta kecap asin.. khas nya korea itu namanya doenjjang.. doenjjang ini sampai sekarang digunakan untuk berbagai macam masakan authentic korea, yang tersebar di seluruh dunia.. jadi ga heran kalo korea bumbunya ya cuma doenjjang dan gochujang.. doenjjang ini tahan lama sekali, dan harusnya kalo penyimpanan nya baik akan bebas dari jamur…

Sweet Potato / Goguma / Ketela

goguma

Pada abad ke 18 jaman kerajaan choson, goguma ini menjadi makanan paling di sukai oleh rakyat korea, karena rasanya yang manis juga mengenyangkan, sama halnya di indonesia, Ketela biasanya di makan langsung atau di olah menjadi berbagai jenis makanan ringan.. Korea juga punya sejarah sendiri tentang sweet potato, goguma berasal dari daratan Amerika, di kenalkan ke Korea sebagai hasil pangan pada tahun 1764 dibawa oleh jepang, dan barulah dikenalkan ke china tahun 1824. Goguma dulu termasuk makanan mewah, biasanya kaum bangsawan lah yang bisa menikmati goguma ini.

Dan masih banyak lagi bahan-bahan makanan korea yang punya sejarah sama, jadi positifnya kalo jaman dulu korea ga di singgahi negara jepang dan eropa, mungkin saat ini kuliner korea ga bakalan seperti sekarang ini.. semua sejarah ada hikmahnya. sehambar-hambarnya masakan korea di lidah kita, dimata mereka masakan tradisional mereka lah justru yang dibanggakan. semua ada sejarah yang harus di hargai.. termasuk indonesia. semua masakan yang di masak pasti ada awal muasal dan tujuannya, positivenya meskipun korea lemah akan rempah, paling ngga masakan korea jarang ada yang menggunakan vetsin, atau msg.. bisa di jamin sehat, kimchi pun terkenal akan probeotic nya hampir sama seperti susu basi yogurt yang mahal itu.. kecap asin nya korea doenjang, bau gitu juga kaya nutrisi, vitamin C dan B12, jadi meskipun makanan nya biasa, tapi sehatnya itu loh yang di cari..

Sama halnya negara lain, termasuk indonesia, semua negara pasti punya cerita masing-masing, bagi kita negara A yang enak, belum tentu bagi negara itu sendiri. mereka bisa jadi membanggakan masakan mereka, tapi tidak bagi kita.. ada yang justru membanggakan masakan negara lain, karena negara mereka tidak seenak negara yang mereka banggakan.. yah segini dulu pengetahuan, pendapat, dan cerita ku tentang masakan korea, tulisanku sekedar unek-unek, aku suka dengan semua negara meskipun berbeda kita pasti punya cara untuk bersatu.. Fighting Cingu!!!

images credit(s): belongs to various source on goolgle