Memilih Daging Giling (Ground Beef)

daging giling

Biasanya daging giling tersedia sudah digiling di supermarket, jadi tak perlu repot untuk menggiling daging sendiri.. Daging giling dibuat menggunakan sisa potongan daging kualitas terbaik, ato bahkan potongan daging utuh seperti khas luar, bagian kelapa, brisket(Perut). tapi tentu saja harganya jatuh lebih mahal.

Banyak menu yang enak terbuat dari Daging giling (Ground Beef), aku pribadi suka bikin Meat Ball untuk spaghetti, atau beef Patty untuk sandwich atau burger, Meatloff, Shepherded Pie, atau Nasi goreng juga bisa bahkan Bakso juga dari daging giling. hehe ada banyak menu yang bisa di buat dengan daging giling, dengan harganya yang jauh lebih murah daging giling bisa dibikin banyak jenis masakan yang lezat.

Daging giling dijual kebanyakan juga asal2 daging digiling, banyak juga yang mencampur daging dengan jeroan sapi, atau bahkan gumpalan lemak sisa dari daging.. biar ga ketipu ada beberapa cara memilih daging giling yang segar .  kita bisa membuat daging giling dari bagian daging pilihan, tentu saja mengeluarkan biaya lebih, atau bisa juga membeli daging giling yangg sudah di packing di bagian fresh food supermarket.

Daging giling biasanya djual segar segera setelah digiling, karena jika daging giling sudah berumur satu hari, kalo tidak laku daging giling harus di simpan di suhu freezer, kondisi beku. dan djual lagi kondisi sudah di defroz (didiamkan di suhu ruangan) tapi kalo sudah di freezer, daging biasanya sudah bercampur dengan air, dan rasa dan teksturnya sudah beda.. bahkan jadi kering dan hambar ketika dimakan. Berikut cara  memilih daging giling yang segar:

Pertama harus lihat packaging nya.. di packing tanggal dan bulan berapa.. meski kadang itu ga bisa dijadiin patokan juga.. kita juga harus jeli melihat tekturnya langsung.. ground beef rata-rata sudah di packing dalam styrofoam di tutup dengan plastik warp.. caranya bisa lihat warnanya, warnanya masih merah segar, kalo pun tercampur banyak lemak putih2. pilih jangan yang terlalu banyak lemak putih.. atau yang warnanya merah pucat, karena bisa jadi sangkin banyaknya lemak warnanya jadi merah pucat.. ada juga yang warnanya merah tua, atau merah kehitaman, itu artinya banyaknya daging yng terdapat di daging giling tersebut, biasanya teksturnya lebih keras dan kering.. diindonesia jarang ada yng jual daging smua haha, kecuali daging yang sudah lama ga laku.. trus di giling.. ada juga yang warnanya merah tua, tapi terdapat bagian2 yang hitam. itu artinya daging giling nya sudah lama. pilih yang warna merah nya rata

Warna merah juga kadang ga jamin daging segar, ada juga warna merah banget. tapi seperti habis di frezer, jadi warna merahnya rada bening, transparan, dan ber air, seperti es habis di frezzer. itu artinya daging giling tersebut sudah di freezer beberapa kali.. makanya warnanya tidak segar lagi..

Dari bau juga bisa, coba saja cium kemasan, pilih yang wanginya masih fresh segar atau tidak mengeluarkan bau menyengat dikemasan, jgn pilih yang baunya apek nya sudah menyengat. atau pilih yang tidak tercium bau apa-apa

jika di sentuh, teksturnya tidak lembek seperti bubur, pilih yang sedikit keras jangan terlalu keras juga hehe..

Aku pribadi suka daging giling dengan sedikit lemak putih. karena rasa nya yang lazis juga dari lemak nya tersebut, jgn terlalu banyak lemak juga kalo kebanyakan juga masakan jadi banyak minyak nya.. pilih sesuai selera ya..

Harga daging giling bervariasi, ada yang satu kilo nya 100rb-an lebih, itu artinya daging di pilih dari potongan berkualitas.. atau yang 50rb-an, murah meriah biasanya campuran bagian berlemak.

Daging giling bisa disimpan paling lama 2 hari, didalam freezer, simpan di wadah ziplock atau container, jangan di simpan didalam stryofoam, selain ga bagus buat kesehatan, defroze nya juga lama. jadi simpan di wadah lain, saat didefroz bisa di celupin ke air beserta kemasan nya.. kalo sabar menunggu sih, gaperlu di thawed pake air, tinggal diamin aja di atas meja sampe ga keras lagi..

Selamat mencoba.

Advertisements

How to make withered basil fresh again

Basil

Ketemu yang jual basil di supermarker atau pasar tradisional? Tapi sayang penampakannya sudah ga fresh lagi alias layu. Padahal jarang banget nemuin dedaunan basil seger.

Jangan keburu kecewa, basil bisa dibikin fresh lagi kok, ini juga berlaku buat sayur lain seperti caisim, bayam, mint, sawi pahit, celery dan lainnya yg memiliki batang.. sebenarnya nya ini cara lama, mungkin sebagian orang sudah banyak yang tau cara ini..

Segera dibeli basilnya sebelum kehabisan, basil bisa tahan 7 hari setelah pemetikan, sebelum akhirnya basil layu banget dan ga bisa di revive lagi. buat mengembalikan basil yang layu agar segar kembali caranya mudah sekali. yaitu dengan membantu mengembalikan Proses penyerapan air si basil melalui batang, proses tersebut namanya absorbsi. ilmiahnya gitu (pelajaran smp loh)

Basil biasa djual biasanya dalam bentuk dedaunan muda, ada juga yang dipetik pucuk muda nya saja, masih meninggalkan sedikit batang, basil yang djual dalam bentuk daun2 an agak sedikit susah merevivenya, karena kalo direndam daunnya lebih cepat busuk ketimbang basil yang dijual masih mempunyai batang. jadi kalo bisa sih pilih basik yang dijual masih ada batang.

Yang dibutuhkan:
Basil ato sayuran layu.
Air bersih.
Wadah, sesuai ukuran sayuran

  1. Caranya, potong ujung pangkal batang yang menghitam bekas pemetikan dengan gunting. Ini fungsinya agar penyerapan air sempurna menghindari xylem yang rusak karena layu.
  2. Lalu rendam basil dalam air  diamkan paling tidak 15 menit. dalam proses absobsi ini basil menyerap air melalui batang.

Basil masih mempunyai daya serap nutrisi air di batang, begitu juga sayuran yg mempunyai batang keras maupun lunak.. hal ini sering aku terapin tiap kali beli sayur keburu layu karena panas ato terlalu lama ga dimasak. Biar segar kembali caraku biasanya seperti itu sih.. ini berlaku buat sayur yg layu nya ga parah banget sampe kering gitu ya.. kalo dah kering daun nya agak sulit buat di revive karena daya absorbsi nya sudah mati..

Setelah 15mnt dicek lagi aja rendaman tadi.. dijamin basilnya jadi fresh kembali. Jgn merendam terlalu lama, seperti direndam stengah hari ato 24jam. Itu akan membuat batang sayuran menjadi busuk.

Jadi lebih baik jika belum ingin dimasak buang dan yang sudah menghitam busuk lalu di angin2 hingga tidak ada air, masukan kedalam plastik kedap udara ato ziplock lalu dimasukkan ke dalam kulkas dijamin tahan lama..

Sgitu aja tipsnya semoga membantu

fyi; fresh basil cepet banget laku dipasaran. kemrin setelah beli basil begitu balik kesana udah habis terjual..

Cooking tips: Pisau

Kali nih mo sharing ttg masak memasak dulu. nyadar kok aku sih bisa di bilang masak sesuai kebutuhan lom bisa di bilang hobby tapi ya mungkin dari masak itulah aku jadi tau hal2 sedikit banyak tentang pengetahuan ku tentang memasak. bisa dibilang hal yang sepele bahkan yang penting juga

Masak itu sebenernya menyenangkan. Apalagi ketika masakannya selesai dimasak. Bisa bikin senang seluruh keluarga ada nilai plusnya jg bisa nambah nilai kebersamaan, kliatan sepele tapi kalo di lakoni sejak dini masak itu hal yg biasa bnget namun impactnya luar biasa.. dunia memasak itu ga terbatas, ditiap resep yg aku coba, daku seperti menemukan dunia baru, cara baru dan teknik yg baru, ide yang terinspirasi dari resep dan mencoba menemukan kreasi masakan batu.. itu kenapa aku suka sekali dengan memasak.. kalo dah ketemu kompor, pisau dan alat2 masak lainnya, aku seperti punya duniaku sendiri..

Beberapa hal yg kusharing kali ini seputar tips memasak, mulai dari hal terkecil sampe yg paling penting. Random aja yah dishare each postnya, karena kalo di sharing smua satu postingan berasa terlalu panjang, and dunia memasak itu limitless sekali..

Mungkin diantara tips tsb sudah pernah dibahas di artikel website lain ato video diyoutube , sama aja sih sebenrnya ada beberapa hingga skrng tips2 memang efektif bnget buat ku sendiri, bahkan ada juga yang ga cocok buatku selama ini..

Tentang alat memasak

Masak tanpa alat masak bukan masak, peralatan standar memasak jelas kompor, panci, wajan, spatula, dan lain2 kdang kita doyan beli alat tambahan yg belum tentu berfungsi. Yang ku pelajari saat ini pengantin baru jgn keburu beli alat rumah tangga trutama alat masak dibeli bukan karena murah nya ato bagus nya tools tsb, tapi di pilah2 dulu mana yg lebih penting.. contoh kompor dan wajan atau panci, kalo keburu beli alat2 macem yg belum tentu maksimal fungsi nya ga jarng peralatan tsb justru ga kepake dan menuhin isi dapur doank.

Saran ku, seiring waktu dan berapa sering kita memasak membuat kita makin paham dan mengerti alat apa yg dibutuhkan saat itu. Jika sangat perlu catat sebagai shopping list next weekend. Jika ada duid tambahan boleh lah kita beli alat trsbut..

Wajan / panci bukan sekedar alat, jaman dulu masak tinggal masak, smakin lama zaman smakin canggih. Skrng dah banyak macam peralatan masak sesuai bukan sekedar aksesoris saja, alat masak tersebut membuat masak jadi lebih praktis dan efisien, masak bukan cuma sekedar memenuhi kebutuhna, masakan yang kita masak justru mencerminkan diri kita seberapa kita bahagia melalukannya.. dengan alat masak inilah aku sndiri sudah merasakan praktis nya memasak… meski ribet akhirnya banyak yang harus di cuci. namun demi membuat keluarga happy. apa sih yang ngga..

Pisau

contemporary-knives-and-chopping-boards

contemporary-knives-and-chopping-boards (2)

Chopping knife and peeler knife, all-day knife

Pisau banyak macem, sesuai kegunaan bahkan ada 26 pisau dalam satu setnya, tak perlu membeli satu set pisau beserta blok nya, jika anda kaya silahkan.. tapi klo gaji masih sesuai UMP sih cukup punya pisau untuk memotong saja.. pisau di buat sesuai fungsi nya masing2 mininum didapur punya 2 sampe 3 jenis pisau. Pertama pisau chopper (Chopping Knife), pisau ni fungsinya buat memotong sayur, daging, apa saja ada dua versi pisau chopper, versi pisau alah china dan versi standart yang biasa. Kedua pisau kupas (Peeler Knife), bentuk nya kecil cocok untuk mengupas buah atau bawang apa lagi masakan indonesiabga pernah jauh2 dri bawang merah dan putih pisau ini sangat membantu sekali biar ga cepet pegel ngupas bawang kalo pake pisau yang besar.. tak harus pisau kupas kita bisa membeli pisau ukuran kecil apa saja di pasar tradisional.. biar lebih murah.

maet knife

Meat Knife, Heavy Duty Knife

Dan yang terakhir pisau daging, nah yg ini bisa punya atau ngga. Pisau ini digunakan untuk memotong daging atau bahan makanan yg keras, pisau nya lebar, tebal dan biasanya berat, banyak juga chef profesional yang memakai pisau ini buat ngiris sayur. biasanya suka males motong daging sendiri kita suka minta tolong mas/mba di pasar atau supermarket buat motong2in protein yang kita beli. lebih hemat waktu dan tenaga. Tapi kadang juga kita pengennya potongannya beda dari biasanya, karena potongan nya ga sesua yang kita pengen, males minta tolong jadinya harus punya pisau ini deh.. potong ayam atau ikan jadi lebih praktis.. dirumah ibuku, pasti punya pisau ini, lebih hemat waktu dipasar ga harus ngantri sama ibu2 lain di pasar kalo belanja. aku juga jadi bisa motong/bersihin protein sendiri dengan adanya pisau jenis ini

Selain 3 pisau diatas ada jenis2 lain pisau sesuai fungsi nya, pisau fillet, pisau roti, pisau steak, dll.. bisa googling buat masing2 fungsi nya..

Pisau jg punya kualitas masing2 jgn asal beli pisau mahal nmun kualitas sama aja kek pasar tradisional. Tapi kalo memang pisaunya bagus gpplah berinvestasi sedikit buat beli pisau yg bagus.. karena pisau ga sering di beli 4 sampai 5 tahun kedepan kita pasti masih menggunakan pisau tersebut.. dari pada nyari yg murah justru bikin sering beli pisau..

Memilih Pisau

Milih pisau according to me. haha selera boleh beda, masing2 punya tips dan cara sendiri buat memilih pisau.. kalo aku sendiri pisau yang kupilih ga sekedar pisau untuk motong. pisau buatku di usahakan berbahan stainless murni, carbon atau keramik, tapi harga pisau ceramics dan carbon lumayan tinggi, jadi stainless aja udah cukup ya, handle yang nyaman jika dipegang, bagian handle yang berbahan karet atau sejenis lain nya yang anti-slip. kalo bisa punya sisi pelindung dibagian jari telunjuk, tebal atau condong kedepan. saat memilih pisau mana yang cocok, coba pegang dan rasakan sendiri. feelnya harus kena dan beratnya pas saat dipegang, kalau pisau terlalu ringan juga ga bagus sih. memang terkesan ribet banget buat milih pisau doank, dari segi kenyamanan juga harus diperhitungkan. ini salah satu faktor yang bikin kita betah berlama2 memasak didapur..

Rajin diasah..

Kalo pisaunya tajem sapa yg ga seneng.. pisau tajem kadang bikin kita ngeri2 takut buat ngiris bahan dengan cepat.. jangan takut yah. Justru pisau tajam bikin masak lebih efisien. Dibandingkan memotong bahan makanan dengan pisau tumpul justru bkin kita harus kluar tenaga ekstra apalagi nyakitin tangan banget..

Jika takut mengiris dengan pisau tajam, ya pelan2 saja. Jgn sampe kepotong jari nya hehehe..

Asah pisau paling tidak 2 minggu atau sebulan sekali. Jangan terlalu sering mengasah pisau ini akan membuat pisau menjadi cepat aus/habis. Yah kalo aus harus beli baru lagi donk.. jadi ga perlu tiap kali tumpul beli pisau baru lagi.. beli saja asahan pisau yg bagus.. aku biasa pakai batu asahan pisau bentuknya batu, biasanya digunakan buat ngasah pisau mahal dijepang. tapi sekarang sudah jarang banget nemu pedagang jual asahan ini, kalo pun ada asahannya sudah campuran semen, mudah pecah ga seperti dulu lagi yang solid. dari jamannya orang tuaku biasanya pake asahan bata. dari segi bahaya sih, batu asahan kalo ga hati2 bisa ngelukain jari. makanya aku sering diajarin ayahku dulu. batu asahan lebih cepat bikin pisau tajam, dan batu asahan juga cepat aus.. aku justru ga terbiasa dengan asahan gagang yg biasa dipakai chef2 diluar sana.. kurang greget aja hasilnya..

sekarang juga asahan pisau sudah ada bentukan lain, seperti digambar ini lebih aman sih..

sharpener

Cuci dan Keringkan

Setelah menggunkan pisau jangan lupa di cuci lalu di keringkan dengan lap gombel atau handuk, biar pisau tidak mudah kotor, dan karatan, lebih hyginies lagi saat kita menggunakan nya lagi..