Recipe: Honey Lemon Glaze Chicken Wings

This is my very first attempt for chicken wings, typical asian style chicken wing, because i used garlic and ginger for seasoning, with a little bit gochugaru and yogurt, for spicy and tenderness.. terlihat menggoda, meskipun ada sedikit gosong dibagian tertentu hehe.. :D. i use honey for dipping sauce, but it turn out too sweet, crisp outside but little bit bland.. its not greasy, its juicy inside fill with chicken fat from skin, its abit succeed but you could say almost fail. so i figure it out what went wrong..

Couple days ago im intend to make chicken wings,but never been done, karena tempat ahjumma (ibu2) biasa aku beli ayam, sayapnya selalu habis duluan, jadi wujud ayam dijual sudah tanpa sayap.. selalu batal deh, karena kepengennya sudah lama jadi dipaksain beli sayap ayam yang dijual di lottemart, harganya ga jauh bedalah selilih 2000-an sama ahjumma. soal fresh nya sedikit diragukan, tapi its fine daripada keburu ngidam #eehh 😛

Continue reading

Recipe: Kimchi bokkeum-bap (Nasi goreng Kimchi)

nasi goreng kimchi

Last couples week i made fried rice, nasi goreng salah satu masakan paling mudah dan cepat dibuat dikala lapar menyerang pada, just put any leftover on fridge, can make fried rice and its enough make you full..

Whats special with this recipes? this time I made kimchi fried rice or bokkeum-bap. Di indonesia, se-special apapun namanya, fried rice or bokkeum-bap itu adalah nasi goreng.. haha at least i have a cool name to mention when kpop was invaded in my country..
Whatever you named it, fried rice, bokkeumbap, or nasi goreng, it is similar things, different word but the same definition..  since i used kimchi for making this version of fried rice, so i named it with kimchi bokkeum-bap (nasi goreng ala korea)

Nasi goreng, menjadi masakan paling mudah kalo lagi “malas” buat masak.. tinggal ambil nasi di rice cooker, dimasak dengan bawang, saus, dan telur.. and since its really delicate dish, yet delicious.. i made this one bacth recipe for 3 people

kimchi bokkeumbap

Easy Kimchi bokkeum-bap (nasi goreng kimchi)

Once you dig it, you’ll never stop to eat it..

Served: 3 – 4 Serving // Prep Time: 15 minutes // Cook Time: 10 Minutes

Ingredients:
2 piring nasi dari rice cooker, biarkan dingin
1 pc fillet dada ayam skin on, bagi dua memanjang dan iris tipis.
3 potong kimchi tanpa jus (appo. 1 cups), chopped
1 batang besar daun bawang, potong tipis menyerong
1 pcs wortel import, potong dadu kecil
2 pcs cabe keriting (cayenne) *optional
5 pcs bawang merah, more are better
4 pcs bawang putih
1 pcs telur, kocok lepas
2 tbsp anchovies sauce/fish sauce, 1 tbsp  for extra
2 tbsp Kecap Asin (i used kikkoman), 1 tbsp  for extra
1/4 cups chicken stock / air matang
1 tbsp mirin *optional
Olive oil/minyak sayur untuk menumis
Salt and black pepper

Methods:
Step 1
Sebelum memasak, Siapkan semua bahan sebelum masak, nasi hangat dari rice cooker, dinginkan terlebih dahulu biar ga lembek, potong-potong kimchi menjadi bagian kecil. Potong tipis bawang merah, bawang putih dan cabai. Lumuri potongan ayam dengan sedikit garam dan lada hitam sisihkan.

Step 2
Campur bawang merah dan bawang putih menjadi 2 bagian, karena kita akan masak protein dan nasi terpisah.

Menumis Ayam:
(you can used another protein, such shrimp, squid, or tuna. since chicken breast is cheapest so i used chicken as main protein and also it always available on my fridge)

  1. Panaskan wajan, tuangkan olive oil,  Tumis ½ bagian bawang sampai harum, masukkan ayam lalu aduk rata hingga ayam kaku for one minute on high heat, tambahkan mirin (optional), shimmer for another minute..
  2. Masukkan potongan wortel dan kimchi, kembali diaduk rata hingga air sedikit menyusut, tambahkan 2 tbsp fish sauce, 2 tbsp soy sauce, dan air matang, aduk rata dan masak hingga air sedikit menyusut.. masukkan sedikit daun bawang. Matikan api dan sisihkan dalam wadah.

Step 3
Dalam wajan yang sama, atau wajan berbeda, panaskan kembali olive oil, tumis sisa bawang dan cabai sampai harum. Lalu masukkan nasi yang sudah dingin tadi lalu aduk rata hingga nasi terurai dan tercampur rata.. beri sisa fish sauce, kecap asin, dan daun bawang, lalu kembali di aduk sampai semua rata.

Step 4
Masukkan tumisan ayam, Aduk terus sampai semua bahan rata dan kering dengan api besar. Terakhir tuangkan telur yang sudah dikocok dibagian pinggir wajan dengan gerakan melingkar. Lalu aduk hingga telur merata.

Step 5
Kecilkan api, keep stirring it for 2 or 3 more minutes, until all liquid nice and dry. matikan api, hidangkan bersama dengan selada, baby cucumber, or slice of tomato. hhmm yumm..

Selamat mencoba..

Cooking Notes:
Saya pribadi lebih memilih lada hitam ketimbang lada putih, karena lada hitam memilih rasa pedas yang cukup ketimbang lada putih. If i go wrong with alot of black pepper on my dish. rasanya masih bisa di tolerir.. ketimbang kebanyakan lada putih jadi terlalu pedas. dan tentu saja lebih sedap.

Saya juga tidak menambahkan garam dan lada saat nasi dimasak karena tumisan ayam sudah lebih asin dengan adanya kecap asin dan garam saat ayam dilumuri, ditambah fermented kimchi yang sudan berbumbu. So dont put more salt. Just taste the chicken before you add more salt if youre not confident to add it.

Mirin dan cabai are optional, kimchi sendiri sudah terasa pedas jika pengen lebih pedas silahkan tambahkan fresh chili sesuai selera, jangan lupa untuk di cicipi..i dont put msg to my dish its a big no no, so as replacement i used mirin. silahkan baca deskripsi mirin, pastikan tidak ada msg didalamnya. Tapi jika ga mau pake mirin karena masalah kehalalan. Silahkan di skip.. its still damn good. Trust me..

You can use anykind of cooking oil, minyak sayur, Olive oil, apapun yang ada didapur. Saya pribadi lebih memilih olive oil, karena lebih ringan dan tidak meninggalkan kesan berminyak dan melekat di bibir. juga tidak cepat gosong dan lebih sehat. Its expensive but it worth so used it wisely. Jika menggunakan minyak sayur gunakan sedikit saja sekedar untuk menumis. dont put too much oil, tenggorokan bakalan terasa panas hehe..

Recipe: Kimchi Jjigae (Sup Kimchi)

Asem seger, berkuah pedes-pedes, ada udang, tuna, ato ayamnya.. hmmmm langsung ngeces deh.. Kimchi itu terkenal dengan makanan emergency. kalo lagi laper punyanya cuma nasi panas, dimakan sama kimchi dan telur ceplok aja udah enak.. sama kek makan sambal deh, tapi kalo sambel kan harus dibikin dulu.. Nah sudah sedia kimchi dikulkas, pas bener stok bahan makanan udah tinggal sisa nya doank.. contohnya, cuma ada dada ayam sedikit sisa bikin curry kemaren, ato memang sengaja disisain buat nanti.. ato ada wortel sisa ngesop ayam, ada sisah ikan, udang, tahu, pokoknya serba sisa.. sup kimchi ini bisa jadi andalan loh kalo lagi laper.. kasarannya cuma di rebus doank kayak mie instan udah kenyang.. (dibanding makan mie instan terus kalo laper mending kimchi jiggae)..

Resep ini cocok buat yang punya lidah seperti aku, doyan sama fermented food seperti kimchi, dan suka masakan pedas yang ga terlalu pedas. kalo yang ga doyan kimchi jangan harep suka sama masakan ini.. haha . aku dan suami pencinta masakan tanpa msg jadi sebisa mungkin menjauhi MSG, kalo pun terpaksa ada bahan makanan dah pake MSG, contoh kecap ikan, saos tiram, dll yang dalam kemasan itu ga masuk itungan ya.. maksud saya, masak nambahin Micin, Roy** ato apapun itu namanya.. hehe

Langsung aja deh ya, yang sudah punya kimchi dikulkas siap-siap buat diolah.. prepare your all ingredient before cook..

KIMCHI JJIGAE (SUP KIMCHI / KIMCHEE STEW)

Healthy emergency food, to pleasure my palate and stomach from starvation

Ingredients:
4 potong bagian kimchi (appo. 1 cups or more), beserta jus kimchinya (appo. 1/2 cups)
Leftover Chicken/Fish/Squid/Shrimp/Tuna atau yang lain
2 pcs Tahu potong kotak (optional)
1 tbsp Gochugaru (Bubuk cabe Korea)
1 tbsp Gochujang (Pasta cabe Korea)
1 tbsp Sesame Oil
1 Batang Daun Bawang, diiris-iris
Gula dan Garam Secukupnya
Air untuk merebus

Methods:
Step 1
Masukkan Potongan kimchi dan jus kedalam panci atau kalo punya kimchi pan yang warna hitam khas korea itu boleh dipakai.. atau ceramic sapo pan juga bisa dipakai. karena dirumah cuma ada nya panci ya saja jadipake panci biasa aja.

Step 2
Masukkan Daging, Gochugaru, Gochujang, Sesame oil, dan air sampai bahan tertutup smua.

Step 3
Rebus selama 30 Menit dengan api besar, lalu masukkan Tahu, daun bawang dan gula garam secukupnya

Step 4
Rebus kembali selama 20 menit dengan api sedang. setelah itu matikkan api, lalu sajikan dengan nasi Hangat

Porsi 3 Orang

 

Leftover dmaksud itu sisa protein yang ada dikulkas, misalnya punya dada ayam, bisa dipake, ato apa aja.. adanya sardine kalengan juga tinggal dicampurkan aja.. jadi ga monoton harus ayam trus.. sesuai selera, ato sngaja beli protein buat bikin kimchi jigae makin yahud lagi.. ga ada bumbu2 lain yang ditambahin selain bahan diatas, karena kimchi jus sudah mengandung bumbu2 garlic, jahe, dll hehe.. kalo misal ga punya protein dikulkas punya cuma telur ayam, juga bisa dipake kok caranya crack an eeg to boiling kimchi di 10 menit terakhir, kalo mau telurnya fully cooked, rebus nya saat 20 menit terakhir kedalam rebusan sup kimchi.. hehe

hidangkan dengan nasi, cara makannya sama seperti makan soto.. dipisah dalam mangkuk ato dicampur langsung ke nasi.. buat yang doyan pedas bisa tambahin cabe, karena gochugaru terlalu mahal di indo, jadi sayang banget kalo nambahin gochugaru banyak2. hehe ati2 keselek ya, kalo keselek ga enak banget rasanya hahaha

Selamat mencoba…

Recipe: Baekchu Kimchi (Fermented Chinese Cabbage)

Kimchii really love kimchi, i am one of fermented food Fans, like kimchi.. di indonesia juga ada banyak macam fermented food, dikampung ibuku tanjung raja, talang balai, OKI. mengenal yang namanya “pekasam” , made from fermented fish, salt and rice, and keep it tight for ages. karena di desa ada sungai sebagai sumber makanan, jadi ikan2 kecil seperti ikan sepat, atau patin, suka dibikin pekasam.. dimasak dengan santan.. hmmm rasanya mantaappp.. (kapan2 aku sharing resepnya)

Ada juga namanya Acar-acaran.. yang kusuka itu dari timun.. at my hometown (palembang), i used to make cucumber salad with Chili, salt, some onion, and dried shrimp. eat fresh with hot rice, tasted really good. ada juga acar dari timun yang di kasih cuka dan dan garam, tapi kalo acar lobak, atau sawi seperti kebanyakan dijual di pasar gede yang baunya menyengat itu, (biasa dibikin oleh keluarga tionghoa) aku ngga suka, dari baunya aja udah ga suka haha, terlalu kuat,, entah biasa dibikin apa.. tapi aku lebih suka acar timun yang asam atau yang pedas..

Continue reading

Japan & Korean Chicken Katsu Curry

Beberapa hari yang lalu nyobain bikin chicken katsu plus saucenya dipakein Curry. biasanya bikin Chicken Curry aja, jadi chickennya ga di katsu. akhir2 ini banyak resto jepang di solo.. biasanya kalo mau makan katsu ya tinggal pesen aja.. trus biasanya aku doyan masak curry dirumah, loh kenapa ga bikin curry katsu aja.. yaudah kmrn sempet bikin chicken curry katsu yang rasanya, omaigod enak bangeett (ga sombong nih ya) emang enak banget soalnya.. Beberapa temen kantor suami juga mengakuinya hehehe..

Bedanya curry yang dimasak ini dengan kare nya indonesia beda jauh sekali. kare nya indonesia lebih berkuah, dan bumbunya bisa dibuat sendiri. tapi curry yang ku maksud adalah curry yang biasa dibuat di jepang atau korea. jadi kalo mo buat ini harus pake bumbu yang dijual bebas dipasaran khusus curry jepang atau korea.. aku biasa order online buat beri curry korea, dan pengen juga nyobain yang jepang. biasa available di kaskus, dan harganya juga kadang murah kadang mahal, biasalah suka2 yang jual, kalo barang most wanted aja di mahalin hehe..

IMG_20131128_184454

Untung nya baru2 ini di lotte mart the park solo baru sudah menjual curry korea, beragam tingkat kepedasannya, grand opening kemarin, available rasa mild saja, tapi baru2 ini sudah ada yang hot. di sini juga menyediakan S&B Japanese Curry. Bumbu curry khas jepang. available dalam 3 ukuran dan rasa, harganya juga lumayan mahal sih. tapi gapapa lah buat beberapa x masak. ketimbang harus makan di restoran terus..

Continue reading