40 Hari Sebelum kepergianmu..


Tidak ada tanda-tanda yang pasti, suamiku ini pinter banget menyembunyikan kepenatan, kelelahan.. honey tidak pernah mengeluh apalagi emosian kepadaku semua disimpan.. jadi kesannya memang aku ini kurang perhatian.. tiap kali pulang dari kantor, kadang dia menunjukan wajah lelah tandanya itu dia minta jatah.. aku sebagai istri harus melayani dia sepenuh hati, keesokan hari ini dia memujiku di status fb, kadang pulang kantor dengan wajah bahagia sumringah seperti kelelahan kemarin itu tidak seberapa..

Sebelum honey pergi, aku sama sekali ga sadar akan adanya tanda-tanda kepergian nya, seperti kebanyakan orang tanyakan itu.. tapi memang bulan lalu, aku sempat bermimpi (djavu) suamiku masuk ICU, dengan peralatan nafas dan deteksi detak jantung.. (persis yang aku alami sebelum hari kepergiannya). Bangun tidur aku sempat melamun, mikirin yang macem-macem.. sampe akhirnya nangis sndiri dikamar mandi.. memikirkan gimana kalo sampe suamiku ga ada.. mimpiku itu ga aku ceritakan ke suamiku.. aku cuma berharap itu cuma sekedar mimpi.. aku akhirnya mencoba optimis.. dan setelah itu ga kupikirkan lagi..

Aku juga sempat bertemu alm ayahku dalam mimpi, tapi aku lupa ceritanya bagaimana.. tapi memang selama 40hari ada beberapa mimpi diantaranya memang kejadian beneran, diantaranya pertemuanku dengan mas fery (adek suamiku) di kantor singer.. cuma aku ga bakalan nyangka kalo mimpi suamiku diruang ICU itu beneran terjadi.. posisi nya benar-benar sama seperti yang kualami.. (liat poto ini). aku sempat menampik mimpi itu, dan berharap semua baik-baik saja. tapi entah kenapa berhari-hari aku merasakan akan kehilangan suamiku.. sampe akhirnya aku bilng ke honey,, “paa sing sehat yoo.. nek aku ga ada kamu trus aku piyee. aku ga bisa apa-apa pa..” air mataku keluar sendiri, tapi suamiku langsung peluk aku, dan bilang “wis to jangan pikir yang macem-macem aku gapapa” 

Setelah dia bilang gitu aku sedikit tenang.. tapi aku masih memikirkannya.. selang beberapa hari.. aku mulai dapet orderan website yang baru.. aku sempet kewalahan, karena bukan satu tapi dua pesanan website.. dan beberapa design-design lain juga masuk list orderan. ditambah beberapa orderan thai tea, juga bahan makanan korea. aku benar-benar dialihkan perhatian nya ke arah itu. aku jadi ga terlalu memikirkan mimpi itu lagi.. aku juga minta tolong sama honey ngirimin paket segala macem.. jadi benar-benar disibukan soal pekerjaan..

Suamiku sempat mengeluh pinggulnya yang sakit, karena ku ga tau apa-apa, dia cuma bilang “ini paling juga sama seperti dulu” dia sempat tidak bisa berdiri.. sangkin sakitnya nahan pinggulnya, tapi aku bilang ke honey, supaya diperiksain ke dokter, ntar malah ga seperti yang dia duga.. sempat beberapa hari dia sakit pinggulnya itu. sebelum sakit pinggul honey juga sempet sariawan, tak kunjung sembuh, semingguan lebih sepertinya, tapi aku sudah bilng beli abotyl, dan aku juga buatkan sop ayam supaya badan nya enakan, esoknya aku tanya, sariawannya sudah baikan.. dan ga lama sembuh.. tapi beberapa hari setelah itu sakit pinggulnya datang..

Dia ga ada keluhan lain selain sakit pinggul, dia juga ga bilng minta istirahat karena saat itu pulng kerumah mukanya masih sehat dan tidak ngeluh yang macem-macem.. aku mungkin kurang perhatian, karena tadi disibukan berbagai macam aktifitas, karena pergi keluar rumah aku pasti sama honey..

keesokan hari nya, aku bilng suamiku untuk periksa kedokter, dan harus. ga boleh ditunda, senin nya itu ketika ke kantor, suamiku paginya sudah periksa dan juga difisioterapi, suamiku bbm aku, dia sempet bilang nama penyakit yang kena pinggulnya itu.. tapi saat itu aku disibukkan dengan pembukaan lowongan, kerjaan yg baru diberikan oleh mas fery kepadaku.. jadi fokus ku terbagi dua, antara memperhatikan BBM dan Komputer.. biasanya aku browsing, penyakit yg disebutkan suamiku itu apa.. tapi aku ga sempat browsing.. fokusku ke pekerjaan yang diberikan kepadaku..

Suamiku juga sempet memuji ku, karena berkat terapi malam hari yng ku berikan, dokter bilng syarafnya belum sempet kena ke kaki.. aku jadi sedikit lega, sepulang dari kantor, suamiku memang terlihat lelah.. aku sudah bilang apa acara hari ini di batalkan saja.. tapi honey bilang.. “gapapa, sekalian aja” di BBm juga suamiku mengajak ku makan ikan gindara, biar pulih antibodinya, karena di BBM dia sempet bilng antibodinya menurun.. sepulangnya dari kantor aku menanyakan kondisinya, suamiku dengan santainya bilng ga masalah, dan aku menanyakan resep dari dokter, dan dia bilng resepnya tertinggal di kantor..

Seperginya kami keluar, suamiku sempat menabrakku dibelakang, saat itu posisinya aku mo menuju ke suamiku ngasih barang, tapi dia mau mundur keluar, dan ditabraklah kakiku, biasanya ga pernah2 seperti itu.. belum lagi katanya mo makan gindara tapi malah jalan yang lain. memang saat itu suamiku terlihat ga fokus.. tapi dia terlihat kuat jadi aku ga begitu khawatir..

keluar rumah seperti biasa.. makan gindara aku disibukan dengan sms pesanan, dia makan dengan lahapnya, sakin lahapnya ikan nya langsung habis dilahap sendiri.. sempat mampir ke rumah temen buat sampein uang service komputer, trus ke bengawan, memang saat di bengawan kondisinya dia ga bisa berdiri lama, jadi aku suruh duduk saja, biar aku yang muter-muter.. kita sempet bercanda, sampe akhirnya ke lottermart, kita pisah aku di drop di lottemart, honey langsung ke tempat jual singkong keju.. jadi kami bertemu langsung ketika sudah kelar smua.. di lottemart.. aku tanyakn keadaanya, “gimana pa udah enakan” suamiku bilang, “iya udah mendingan”.. menuju arah pulang, aku mengajak suamiku minum shijak, susu murni.. disana aku belikan dia susu shijak syrup kesukaan nya.. kita minum sambil ngendarain motor… lngsung pulang kerumah, karena cucian ku sudah menunggu..

aku sempat memasakkan makanan favorite nya buncis singapor.. meski ga seperti biasa aku yang harus membawakan makanan, karena kondisinya dia ga bisa bangun saat itu, matanya merah.. keliatan nya berat sekali buat bangun.. honey sempet bangun dan makan, lahap langsung habis, langsung tidur.. setelah makan aku langsung nyuci.. dan kembali ke kamar, buat ngrajut.. kondisinya aku memang belum tidur masih terjaga.. sampe akhirnya suamiku terbangun, dan mengeluhkan kalo dia ga bisa tidur.. kita sempat beberapa jam nonton korea drama, sampai akhirnya..

dan kejadian itu pun terjadi..

Leave a Reply

