Mengubah Kebiasaan


Seperti yang diceritakan disini, tambah gemuk ga melulu tentang makan yang manis-manis dan berlemak, porsi besar dan segala macamnya.. dimulai dari kebiasaan sehari-hari.. aku salah satu wanita yang susah gemuk, jadi kalo sekali gemuk seneng nyaaaaa minta ampun..

kebiasaan yng ku ubah apa saja?

Say NO to Begadang
Jadwal tidur wajib sebelum jam 10, lebih bagus lagi kalo jam 8 sudah tidur, tapi buat yang satu ini pelan2 aja .. karena dulu kebiasaan saya jam 3 masih ga bisa tidur.. jadwal sehat tidur yaitu jam 11 malam dimana tubuh wajib istritahat dan saat itulah anti racun (detox) dalam tubuh bekerja jadi terlewatkan. tandanya, kalo keseringan begadang, badan jadi cepat capek, mual-mual dan sakit ulu ati, yang paling keliatan itu muka jadi suram banyak keriput halus bermunculan.. terutama jerawat.

Ngemil dikurangi
Ngemil boleh, tapi yang sehat, ato kalo laper makan aja sekalian. banyak ngemik makanan kemasan seperti chitato, snicker, coklat apa saja, keripik jenis apa saja yang ada dipasaran bikin badan jadi ga sehat, kenapa? pernah liatin komposisi pada kemasan nya? pasti ada MSG dalam tiap produk yang kita makan, tiap kali kita makan cemilan kita sudah makan MSG dimana msg itu ga bisa di cerna dalam tubuh, jadi menumpuk sebagai zat asing, yang bikin penyakit.. kalo mo ngemil boleh2 saja tapi jangan keseringan, sekali-sekali boleh deh..

Ngemil malem diganti sama menu bernutrisi.. kalo memang pengen ngemil malem2 mending ngemil buah, atau roti.kalo bisa di hindari ngemil coklat atau permen.. karena gula juga berpengaruh bikin badan cepat lemes dan cape, meskipun gula di butuhkan buat energi otak dan badan, tapi kalo berlebihan malah bikin penyakit..

itu kenapa aku jarang beli cemilan, kecuali dibeliin haha, daripada beli cemilan habis 50rb mending aku beli daging saja.. jelas ada nutrisinya

Minum air Putih itu Wajib
Sebenarnya aku paling males minum air putih kalo ngga ngerasa haus banget.. kadang juga kalo sering minum air putih sebelnya tiap jam pasti Pipis.. tapi ternyata bagus buat tubuh, semakin sering pipis artinya bersih donk ginjal nya..

Aku ga suka rasa air putih, ntah kenapa.. karena rasanya mungkin jadi kalo minum air putih satu teguk saja udah males.. caranya aku kasih air lemon, ato perasan jeruk. dan sedikit gula pasir.. biar ada rasanya aja, satu gelas penuh aku jabanin deh.. aku jadi tau kenapa anak kecil sekolah doyan banget beli minuman berwarna yang diberi perasa ketimbang minum air putih yang sudah dibawa, karena mereka ga suka rasa air putih.. entah ya kalo aku begitu, kecuali kalo lagi makan, malah kebalik, aku sering minum air putih disela saat makan.. ini juga sudah aku praktekin sama adek bungsuku masih umur 8 tahun, dia juga doyan beli minuman perasa, yang belum jelas pake gula asli ato gula buatan.. aku bikin kan segelas air dengan perasan lemon, dikasih gula tropicana, eh belum abis tuh, dianya minta dibikinkan lagi dalam tupperware 1 liter..

tapi kalo ga ada ya, dipaksain tetep minum air putih.. yang penting jangan sampai dehidrasi..

Say No to Air Soda
Sebut saja merek apa saja yng ada sodanya, alias berkarbonasi.. Jelas pake gula buatan. Berbeda kasus dengan ini, kalo lagi makan di KFC ato MCD, bolehlah kita ga ngindarin minuman bersoda. tapi kalo untuk keseharian, diusahain jangan minum air soda, ga doyan air putih, boleh minum air elektrolit seperti pocar* sweat, ato apa saja yang ada dipasaran, soal khasiat udah pasti berbeda jauh..

Air soda memang enak, bisa ngilangin rasa haus dahaga disuhu panas seperti sekarang, tapi tau ga air soda bikin kita jadi males beraktifitas, ditambah lagi gula yang di kandung dalam air soda itu adalah gula buatan (fruktosa dan kawan-kawan nya), kalo konsumsi berlebihan dapat mengakibatkan penyakit gula.. anggap saja dalam sehari bisa abis 1.5liter (BOTOL BESAR). itu udah menjamin kita kena penyakit gula, jadi usahakan jarang2 aja lebih bagus kalo dihindari.. hehe

Coklat, Eskrim, Cake Its Okay
Apasaja jenis makanan diatas, boleh2 saja di konsumsi, tapi jangan di jadikan menu utama, jadikan sebagai dessert. contohnya dimakan sehabis makan siang/malam dengan porsi yang tidak berlebihan, sapa yang ga doyan cake ato eskrim.. alm. ayah ku suka beliin kami martabak terang bulan kalo abis gajian, sehabis dibawa pulang kami ga boleh langsung makan martabaknya, kami harus makan malam dulu yaitu nasi, baru boleh makan martabak.. kalo dulu suka jengkel sama ayah.. tapi sekarang jadi tau maksud dari ayahku itu apa.. anggap makanan manis itu sebagai dessert jangan sebagai makanan utama, dicemil setiap saat sampe bosan.. memang kalo sering makan cemilan seperti ini cepat bikin gemuk, tapi bukan gemuk yang sehat.. sehabis makan siang/malam kita bisa menjaga porsi cemilan jadi ga berlebihan..

Makanan
Makan bukan sekedar lauk saja, kalo bisa harus ada sayurnya, sayur jelas bermanfaat buat tubuh apalagi buat yang makan daging, selain berserat dan bervitamin, sayur juga membantu proses pembusukan di akhir proses pencernaan, dengan katalain bikin BAB jadi lancar, lancar BAB = proses pencernaan juga bagus, yang artinya nutrisi kita juga akan terpenuh.. sapa yang ga senang kalo badan berisi denga nutrisi bukan lemak..

Protein diwajibkan dalam makanan sehari-hari, itu jadi sumber energi kita buat beraktifitas/berpikir. protein ini juga yang membantu pembentukan sel dalam otot/tubuh.. kalo mau gemuk dari mana nambah gemuk nya kalo ga makan protein.. intinya sih begitu.. ada yang ingin ditambah dalam tubuh kita harus memberikan yang baik buat tubuh.. mana ada keripik goreng bisa bikin otot kita nambah..

Hati-hati dengan Minyak
Makanan juga harus hati2, indonesia kaya akan minyak kelapa sawit yang biasa disebut minyak sayur. mentang2 murah jadi makan gorengan trus, diubah pola makan kita jngan sampai keseringan makan menu gorengan, sekali2 gapapa, kalo menu nya pake french fries ato ikan goreng sih ga masalah.. minyak ga bisa dicerna dalam tubuh.. minyak juga tertimbun dalam tubuh jadi lemak jahat.. perbanyak menu masakan yang di rebus/ditumis saja, menumis dengan minyak goreng sah2 aja.. tapi jangan tiap kalo makan pakenya gorengan terus..

ga semua minyak jahat, ada minyak yang justru bermanfaat buat tubuh, sebut saja olive oil, grapeseed oil, coconut oil juga bagus.. coba aja googling..🙂

Mahal sedikit gapapa, pake buat masaknya juga sedikit-sedikit kok.. kecuali kalo mau goreng ayam, ya pakenya minyak sayur.. caranya setelah digoreng, selalu ditiriskan terlebih dahulu, ato dialasi dengan tissue.. agar minyak yang berlebihan tidak ikut terkonsumsi..

aku biasa pake olive oil untuk menumis, selain ga cepat gosong, olive oil juga memberikan rasa khas yang bikin masakan makin lezat, dan tentunya ga bikin teksturnya jadi berminya. 500ml olive oil seharga 68rb sekarang ini. itu bisa tahan sampe dua bulan.. dipakai untuk menumis ato buat bikin dressing, bener2 menguntungkan dari segi kesehatan, lumayan lah buat investasi masa depan.

Always Stay Happy and Positive
Berhenti mengeluh, apalagi marah2 kecuali kalo lagi sensi silahkan aja, tiap hari mengeluh/marah2, banyak negatifnya ketimbang positif, kenapa marah2 enak buat ngelampiasi emosi biar plonk? silahkan saja, tapi kalo emosi tanpa alasan, apa saja di keluhkan itu bukan lagi jadi alasan, tapi sudah jadi kebiasaan..

diusahakan kurangin buat emosi, klo lagi emosi dengan sesuatu, tahan untuk sabar, bila perlu kalo menyangkut hal pekerjaan lebih baik dibicarakan dengan tenang dan baik. dari pada emosi mengeluarkan energi sia2.. gimana mo bikin gemuk..

Berhenti mengeluh, contohnya saja.. “mengeluhkan perjalanan rumah/kantor yang jauh, capeklah, boros bensin lah” ga perlu dikeluhkan, hal dasar seperti ini sudah jadi kewajiban ya di nikmati saja, kalo dirasa berat/susah/bikin apa saja yang bikin kepala banyak pikiran, cari solusi yang enak, ketimbang harus di keluhkan.. mengeluh bukan sekedar omongan aja, nulis status ato berkata dalam hati juga dilarang.. karena biasanya setelah apa yang kta keluhankan itu ujung2nya akan mempengaruhi semua aspek, anggap saja, kita lagi mengeluhkan gaji yang ga kunjung datang, ato klien yang punya janji tranfer tapi ga ditransfer-transfer.. disaat kita mengeluhkan hal tersebut didalam pikiran, disaat itulah semua hal yang ga ada hubungannya, bikin kita jadi emosi dan sensitif..

jadi disaat “wah gaji kok ga turun2 ya” atau “kok klien belom tranfer ya” prinsipkan dulu “ah dinikmati saja” atau “sabar aja deh mungkin lupa, nnti aku sms lagi aja”

selalu berpikir positif, ketimbang kita memikirkan hal2 yang belum tentu benar terjadi.. yang justru malah mikirin hal yang engga2 berujung2 orang lain jadi korban emosi kita.. selain dicap sebagai pribadi yang tidak baik, juga mempengaruhi pikiran yang ga jelas..

intinya banyak pikiran, emosi, mengeluh. juga berpengaruh dengan badan.. kalo ga percaya, coba aja cari di google secara science/ilmu ilmiah pasti ada.. Mengeluh boleh, tapi disembari berpikiran positif dan tidak berlebihan, Marah sah-sah aja, tapi pikirkan akibat dari amarah kita.. hidari nonton sinetron yang isinya bentak-bentak teriak-teriak ga jelas, selain bikin telinga ga enak dengernya, secara ga langsung juga kita meniru kebiasaan itu..

Aku pribadi sudah mengalami sendiri hal2 diatas, dimana lingkungan kampung halamanku terbiasa dengan bentak-bentak/emosi, tanpa disadari juga jadi kebiasaan buat kita.. kebiasaan buat orang-orang disana buat ngmong kasar, bicara dengan nada tinggi, jadi kesan nya selalu marah-marah, aku juga emosi kalo selalu dimarahin orang tua, padahal emang kebiasaan orng sana kalo ngomong selalu dengan nada oktaf hahaha.. ngmong biasa pun punya nada menyebalkan. akibatnya  aku juga ikut2an emosi dan sebal..😀 begitu aku pindah dilingkungan baru berbeda jauh yang dulu. secara ga langsung juga bikin kebiasaan berubah.. meski suka juga kadang2 logat lama nya keluar hehe..


Mengubah kebiasaan memang sulit, pelan-pelan saja, nikmati saja prosesnya.. semua masalah pasti ada solusinya, ga ada yang tidak mungkin kecuali, pengenya naik haji besok padahal belum punya apa-apa..

Jadi harus ada proses nya, nabung dulu baru bisa beli rumah.. begitu kira2😉

Selalu happy, jangan banyak pikiran ga jelas, ojo nesu2, marah dikurangin kalo bukan lagi PMS ya hehehe, kalo dapet masalah jangan dipikirin yang berat2.. makan seadanya asal menunya sehat.. goreng2an di hindari kalo bisa, ga bisa ya gapapa, asal jangan keseringan, pake minyak sayur ya dikurangin kalo ga kepaksa olive oilnya habis.. nanti lama2 jadi kebiasaan baru, meski aku juga termasuk orang yang malas, tapi ternyata bisa bikin badan ku berisi seperti sekarang..

Semangat trus ya pantang nyerah hehehe..😀😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s