Gain some Weight


Akhir2 ini lagi keranjingan sama dress.. nyadar kalo paha sudah tak sekurus kemaren2, jeans lama sudah ga muat semua, hotpant ukuran L aja sudah mulai sesak dipakai.. Hihihi, legging masih muat sis tapi ketet banget.. Kesal badan jadi gemuk?

Ngggaaaaaaaaaaaa justru aku senangg akhirnya berisi juga nih badan, dulu kesel kurus sampe cemilin junk food trus, apa aja di makan, malem2 nyemil snicker, eh bukan nya nambah berat badan, malah bikin males beraktifitas, kemana2 bawaan ngantuk.. pusing ga karuan..

45kg

Berat badan paling kurus saat itu 45Kg Tinggi 174cm, tahun 2010/11

Nyemil bukan solusi tepat buat naekin berat badan secara alami, ternyata makan sehari2 lah justru yang bikin gemuk badan, seperti biasa sarapan suka kelewatan, makan siang juga seadaanya.. bahkan juga kelewatan juga.. bisa dibilang sampe puasa setengah hari.. tapi nyemil nya lanjut terus .. snicker, roti pake nuttela, ice cream selalu ada di kulkas, coklat, macem2 pokoknya. tapi tetep aja ga gemuk-gemuk..

Berat badan paling kurus pernah dialami itu 45KG, itu masa2 paling sibuk kerja online sampe ga mikirin badan, mata melek trus sampe pagi jam 3 subuh, habis itu tidur sampe siang bangun kadang jam 10 pagi, kadang jam 12 siang.. siklus ini terus berjalan, apalagi transisi masa doyan maen game online juga.. sampe ga nafsu makan, kalo makan sedikit banget. makan juga doyan yang instan, kaya bubur instan, mie goreng, sozis, sebut aja yng instan2.. yah jadinya kurus banget kaya kpop star girl generation, sampe dibilang kena penyakit anorexia, WTH?? ditambah lagi bawaan tulang punggung bengkok kebiasaan dari kecil, lengkap sudah seperti manusia kurang gizi..

Sudah pesimis buat gemukin badan, apa adanya saja deh diterima, positifnya, ukuran jeans S, baju ukuran S masih bisa dipakai.. aku bisa pakai hotpant ala planet surf, jeans sobek2 yang ukuran nya mini.. rok mini tank top segala macem semua muat, ala2 kpop star banget lah, perut datar krepes kliatan langsing, jelek nya bokong juga ikutan trepes hahaha😀

Aku itu ga doyan minum air putih, apalagi minum susu.. minum air putih juga kalo pas lagi makan, kebiasaan dari kecil kalo lagi makan disambil minum air putih tiap beberapa suapan, jadi asupan air cuma dari sana doank.. makanya makan jadi cepet kenyang karena dari dulu makan disambilin minum.. sebenernya cara ini juga cocok buat yang lagi diet sih hahaha..

Dulu sempet minum susu weight gain 3 bulan, yang harganya 5x lipat harga susu bendera, emang sih berhasiat badan jadi berisi sedikit, tapi kalo lagi kere, trus stop konsumsi dan tetep pada habitat lawas, ngulng lagi deh kurusnya.. jadi sama aja.. ga bisa dipaksain juga sebnernya

Meski ga doyan minum air putih, tapi juga ngindarin minuman jus siap minum, air soda. karena udah ngerasain banget tiap kali minuman seperti itu, selalu bawaannya males.. paling suka kalo minum air putih pake gula doank, ato air putih sama sedikit lemon dan gula tropicana, doyan banget, tiap menit rasanya pengen minum trus.. adek kecil ku juga ikut2 dan doyan minum dulu waktu masih belom merid.. minum susu juga ga doyan.. paling males kalo disuruh minum susu, yang tinggal minum aja males apalagi yang bubuk kotak kemasan.. kmrn itu dipaksain aja minum susu weight gain, korban iklan juga sih hahaha..

Jadi pasrah aja.. apa adanya aja, selama masih sehat wal afiat dengan kekurusan badan jadi ga masalah..

Aku jadi penasaran kenapa orang2 bule diluar sana kok lebay banget soal kalori, smua ada takaran nya, kalo berlebihan bikin obesitas dan bla bla bla bla, sampe pake cara ngiket lambung segala biar ga makan banyak, lah disini aku justru pengen gemuk aja susah, kok mereka malah heboh begitu pengen ngendaliin makanan..

Nah bulan feb lalu, setelah smua sudah damai, ga begitu hectic sama pekerjaan, udah ga keranjingan maen game online lagi, artinya punya waktu buat merubah kebiasaan, sebenernya sudah sejak awal tahun pernikahan sudah mulai mencoba merubah habitat, karena sudah ditekadin, pengen gemuk, tapi ga dipaksain, karena intinya someday juga bakalan gemuk sendiri apalagi pas lagi hamil.. haha saat2 itu ditunggu2, tapi apa boleh buat, karena masa kehamilan masih dalam program pending.. jadi harus sabar menunggu masa itu datang..

Februari lalu, rasa pengen badan berisi itu mulai lagi.. aku coba segala cara, bekal nonton tv cable, isinya acara bule2, plus acara masak2 isinya makanan semua.. dan baca2 artikle segala,  apappun yang dilarang oleh article luar aku lakukan, sebut saja, minum coffee pake cream segala macamnya itu dilarang kalo mau kurus dan sehat karena 1 ukuran kecil kalorinya sudah sama seperti makan siang, ditambah lagi kalo minum ukuran large.. aku coba oppositenya.. jadi intinya, makan ga ngitung kalori, apa aja dimakan asal enak dan berisi, apalagi minum starbuck, sekarang malah jadi member, ditambah jco 5 menit deket rumah, makan donat kalo lagi pas gratis, makan gratisan free ato restoran favorite lagi ngadain diskon 50% langsung hajar, Lottemart/hypermart/carefour deket rumah, punya daging murah/ikan murah/ ato apalah yang murah2 dibeli buat dimasak makan malam.

Kebiasaan masih sama, Pagi selalu skip sarapan, tapi cuma makan buah aja, ada buah apa saja dalam kulkas contohnya pepaya, apel, ato jeruk, paling ngga pagi hari perut harus diisi buah atau dibikin jus. meski ga sarapan, pancake, ato semacam nya. kalo mo sehat justru dilarang makan nasi dan protein, karena pagi2 diisi gula/ karbo bawaan ke siang pasti ngantuk, makanya diisi sama buah2an saja, buah justru bantu proses pencernaan lanjutan dari malam hari tadi dipagi hari, plus biar jadwal pup pagi hari juga lancar.. kalo lagi ada buah2an dikulkas pasti dimaem pagi2, dan pasti ga lama kemudian langsung kebelakang, kebiasaan bule banget hehe..

Siangnya kadang makan kadang juga ngga, makan siang kalo lagi kepengen makan dan dah laper aja, ato lagi punya waktu buat masak makan siang, kalo ngga ya tetep skip.. stay hungry ga masalah.. itung2 puasa setengah hari ya ga? dan ternyata ga bikin aku kurus.. malah bikin berisi.. gara-garanya, menu makan malam yang dibikin special. dalam kurun waktu sarapan, dan makan siang aku ga ngemil sama skali, hanya saja aku paksain buat minum air putih, itu kenapa sejak februari lalu, suka kehabisan stok air mineral dalam kamar (tempat biasa aku kerja). jadi perut ku isi dengan air saja, karena diwajibkan minum 8 gelas kan? susah banget itu ngabisin 8 gelas dalam sehari, apalagi buat yang males minum air putih.. jadi bisa dicicil aja..

Malem nya wajib makan malam yang Dashyaaat, biar dikata puasa siang hari.. malem kudu makan yang ber protein tinggi, dan berserat, itu kenapa jangan heran kalo suami doyan poto-poto masakanku dan sharing di facebook, karena dinner adalah waktu yang special buat suamiku, kalo ga nyetok buat mingguan, aku dan suami doyan keluar hunting protein di lottemart, dan pas banget sejak the park buka, lottemart protein nya komplit dan murah, jadi kita suka beli daging buat di steak.. pake french fries, kalo suami doyan pake nasi.. pake sayuran, entah wortel, brokoli ato salad, ada saus nya pake cream ato mentega doank.. intinya, makan malem pasti istimewaa.. kalo ngga makan daging, ya masak ayam.. apa saja pokoknya menu makan malam wajib dimasak..

sejak saat itu jadi jarang makan2 mie instans, kalo ga kepepet lagi laper aja, tapi sekrang dicoba buat ngga nyetok mie instans terlalu banyak ntar malah pengen makan mie trus.. nyetok telur, tempe, tahu, ato sosis yang di frozen wajib.. sebenernya ga direncanain mau seperti ini, tapi saat nya lagi pas banget aja.. makan harus ada protein dan sayurnya biar imbang, yah meski cuma adanya ikan goreng dan sayur bayam rebus, ga masalah asal dimasak dengan benar..

Pas akhir bulan, celana jeans sudah ga muat.. harus dibantuin suami narik kalo pake celana jeans, panties juga ikut2 an ketat.. merasa bagian bawah badan nambah gemuk.. tapi bagian atas masih biasa aja.. , terakhir nimbang saat baru merid.. berat badan mentok di 52kg ga mau nambah lagi.. jadi nya kemarin pas mampir ke apotik ada timbangan, iseng2 nimbang, dan ternyata berat badang nambah 5 Kg jadi 57Kg, woh kurun waktu 1 tahun nambahnya cuma 5kg.. aku terusin aja kebiasaan yang baru ini.. jadi malam ga bergadang, jam 9 malam harus sudah tidur, bangun pagi2.. sarapan, makan malam, makan siang masih skip loh… untung nya ga pernah kena maag..  air putih harus.. kalo lagi happy bikin jus deh hahaha..  Maret lalu balik lagi ke apotik, soalnya jeans satu sudah ga muat ga pernah di pakai lagi, hotpant lama beli dari planet surf , yang putih bunga2 dan lain2 sudah ga muat mentok di bawah ahhahaa… dan hotpant baru dibeli ukuran L, padahal pas beli sedikit kebesaran, eh sekarang malah sudah ketat.. hhahahaha😀 jadinya skrng kalo bisa pake terusan aja, ato legging. perut juga makin buncit kaya orang hamil.. dan tenyata timbangan ku tembus 62 Kg, Omaigod..

Sungguh kaget.. padahal ga niat pengen gemuk, cuma kebiasaan aja dirubah, tapi beneran ga nyangkan tembus 62 Kg, itu padahal bulan Maret lalu, Sekarang sudah bulan April dan Mei..lum nimbang lagi berapa kG, mungkin dah tembuas 65 / 67 kali ya hehehe (Tinggiku 174cm, proposional nya harusnya 60 – 70kg)

Dikira Hamil..🙄

Bulan April lalu ada cerita lucu, ceritanya gini.. saya ada meeting dengan klien di kantor suami, pagi2 sudah berangkat bareng suami, pake jeans lama yang masih muat (sudah ga kedodoran haha). pake kemeja kotak2.. nah pagi habis sarapan, langsung ke kantornya suami, ketemulah beberapa partner kerja suami yang sudah lama ga ketemu, ato yang baru beberapa minggu lalu ketemu.. pada berseru, “makin gemuk”, “hamil ya?”.. Hehehe😀 sampe mba nya terkesima ngeliatin lengan ku yang berisi dan bertanya, ya aku jawab seadanya, “bukan hamil kok, emang lagi doyan makan daging aja minggu ini, lottemart kan diskon terus daging nya”

Pas banget, pas kesana emang udah telat 3 hari dari jadwal bulanan.. biasanya memang ga telat.. tapi aku sudah tau beberapa hal, kalo telat period juga dipengaruhi sama berat badan yang nambah.. (artikel luar) berhubung caraku makan disamain kaya bule, jadi mungkin banget telat period gara2 gemuk ini.. jadinya ditunggu saja. kalo memang hamil, syukurlah aku ga perlu nunggu program hamil tahun depan (2015)  hahahaha, tinggal suami aja yng gigit jari harus planning ulang..

4, 5, 6, 7 hari berlalu belum juga datang si bulan.. suami sudah kepikiran, mikirin planning anyar tuh hihi.. aku santai aja, karena kalo beneran hamil period bakalan telat terus sampe minggu ke 2, alias hari ke-9.. baru deh pake testpack dan macem2.. karena lucu aja, liatin suami tiap kali pulang kerja, ditambah polemik dari kantor trus galau dirumah, nagih jatah tanggal merah, ga bisa karena blom merah2 hahaha..😀 *kasih daahh* itu pun esok nya masih was was.. *tepok jidad*

Dihari 6, 7 aku bikin status fb yang isinya..

“bojoku sakit gara2 kepikiran… hahahahahaha.. aku jdi bingung antara mo sedih apa seneng..”

distatus itu keliatan biasa aja, tapi yang komentar banyak banget, salah satunya nebak saya hamil, dan jadi heboh nyebar kemana-mana pada ngucapin selamat, padahal belum tau pastinya hihihi..

Seneng sih seneng  pada ikutan seneng kalo saya hamil, padahal lom pasti ya dan yakin kalo ngga hamil.. mau ga mau tetep harus dipending dulu ucapan selamatnya, karena besok nya. periodnya dateng.. ga ketahuan malah.. lagi duduk depan komputer seperti biasa melakukan aktifitas, tiba pas mau berdiri dibantal sudah merah aja hahaa..😀 ngga ngerasain apa2.. dan ternyata bener period berlanjut trus sampe hari ke 5, period bulan ini singkat sih, ga seperti biasanya, biasanya 7 hari an baru bersih, tapi kali ini singkat.. tapi banyak. dan memang bener tenyata telat cuma gara2 berat badan nambah aja hehe..

Nyadar Tambah Gemuk Saat..😆

Dikamar ga punya kaca utuh, jadi kalo mo ngaca utuh harus ngemall dulu, awalnya ga ngeh kalo tambah gemuknya banyak banget.. merasa biasa aja ga ada yang beda, tapi memang jeans nya pada nyerah, pake dress trus kalo keluar rumah.. trakhir nimbang cuma bulan lalu loh ga nimbang lagi baru-baru ini.. jadi ga tau nambahnya brapa setelah kemarin 62kg, nah karena badan ku ini tinggi dimata ku sih biasa aja aja.. cuma mungkin orang lain yang melihat keliatan banget gemuk nya apalagi yang sudah lama ga bertemu..

Minggunya, kita punya acara kondangan ke rumah teman kantor suami yang menikah, aku pake dress aja, setiba disana, bertemu banyak teman kantor, dan poto2.. setelah pulang kerumah liat hasil potonya, aku baru nyadar kalo lengan ku berisi.. meskipun tangan masih terlihat kurus, tapi lengan keliatan banget nambahnya.. sudah sama kaya ibu2 rdsm .. haha

Aku seneng banget liatnya, akhirnya bisa gemuk juga nih badan, ga kerasa tahu2 dan segitu gede lengan. ada sisi negatifnya juga sih, semua pakaian terutama celana pada ga muat, ditambah lagi kalo pake hotpant ato legging semacamnya keliatan banget ini paha besar gembling kanan kiri.. mulai galau deh ga lagi kaya kpop2 gitu hihi.. perut juga keliatan banget buncit, ditambah lagi postur tubuh yang bungkuk ini jadi keliatan banget buncitnya hahaha..lalu tersadarkan ga pernah lagi pake jeans, legging aja sudah mulai di kurangin, tapi kalo pake hotpant masih tetep karena ga ada opsi celana lain :x mo beli celana anyar takutnya kurus lagi, dah belinya mahal2 malah ga kepake😡 hahaha..  jadi solusinya pake dress ajaa…

Males Olahraga😆

Aku kepengen punya body berisi tapi padet, dulu impian nya gitu, gendut / gemuk tapi yang bagus, nah sekarang udah berisi nih badan, tapi masalahnya adalah.. karena jaman kurus dulu ga pernah olahraga, jadi sekarang tercetus lah saya ini sebagai manusia malas olahraga.. kalo disuruh jalan kaki keliling mall berjam2 sih masih kuat, tapi kalo diajak jogging pagi-pagi/sore, aduh mikirin nya aja males hihi.. padahal dulu waktu SD sampe SMA, dijuluki Ratu SKJ (Senam Kesehatan Jasmani) Loh.. itu tuh kalo tiap jum’at pagi suka SKJ yang didepan ada instruktur senamnya gitu.. :P  Basket,  Karate, Lari, apa aja suka pokoknya kalo berkeringat itu suka banget.. tapi beda dengan sekarang, jadi males gerak2 intens begitu hihi..

Gara2 kelamaan kurus pikirnya kalo dah kurus buat apalagi olahraga.. apalagi sekarang udah punya kesibukan, banyak banget deh alasannya.. tapi semenjak nyadar kalo ini badan berisi tapi ga berbentuk terutama bagian paha dan perut.. jadi punya niat buat olahraga lagi.. paling ngga tiap pagi jogging ato sore nya jalan-jalan santai gitu.. soal ke GYM, dulu ada niat mau Ng-Gym punya personal trainer sendiri, tapi mengingat pergi kemana-mana masih dianterin suami, pengen nya bareng suami nge-gym, sayangnya suami juga pulang nya sore jam 5 trus, dengan kondisi sudah cape. kalo diajak ng-gym malah ngedrop nanti.. belum saatnya buat olahraga intens di Gym, tapi suatu hari nanti harus (mungkin setelah punya anak?) karena body apik bukan impian ku doank, suami juga pasti mau banget istrinya makin bohay.. hahahaha😆

Kebiasaan Menentukan Berat Badan.😎

Dulu saat Kurus, pngen gemuk usaha apa aja dijalanin, salah satunya mulai beli susu weight gain, diminum 3x sebelum makan, Ngemil manis2 tengah malem.. makan lebih dari 1 porsi.. macem2 deh pokoknya, tapi hasilnya nihil. meski udah begitu, tetep aja suka begadang, makan junk food yang ga sehat, malah bikin badan jadi lemes, suka kena serangan migran dan macem-macem..

Niat dan usaha udah dijalani ternyata memang benar kata orang2, kalo mau sehat berisi bukan gitu caranya.. mulai dari kebiasaan dasar aja dulu.. gemuk ga ada yang instan, kalo pun ada kurus nya juga cepet lagi..

Dari dulu juga sudah menghindari obat2 instans ato jamu2an yang ditawarin sales yang ada di mall ato internet kebanyakan sekarang ini, bukan nya apa ya.. aku takut justru dalam jangka panjang nya nanti, okelah dari luar kita keliatan gemuk, tapi dalam tubuh malah bikin penyakit, contohnya aja nanti ginjal, liver ato macem2 lah.. makanya aku katakan tidak sama obat2 an macam itu.. salah satunya adek ku perempuan, dia pake obat tradisional bentuknya pil, harganya 70rb an, entah namanya apa yang pasti obat itu dijual bebas dipasaran, memang sih dalam waktu beberapa bulan nafsu makannya tinggi, laper trus bawaannya, obat itu semacam perangsang nafsu makan, claim nya berbahan dari ginseng korea.. hasilnya badan nya memang jadi gemuk, malah kebangetan gemuknya.. mukanya jadi tembem chubby.. tiap kali makan nasi habis 2 sampe 3 piring.. memng benar badan gemuk pengaruh sama makanan.. sering makan ya bikin gemuk.. tapi nafsu makan dirangsang sama obat.. kalo suatu saat berhenti konsumsi obat tersebut, habitat awal yang suka telat makan balik lagi.. sekrng badan nya jadi kembali kurus.. dan makan justru sering kelupaan.. :p

Makanan jadi faktor utama, yang kedua adalah kebiasaan, dua faktor ini harus dan wajib kalo pengen gemuk, orang tua suka bikin guyonan ke aku.. “tenang aja, nanti kalo abis merid bakalan gemuk sendiri”.. aku tunggu  saat2 itu.. dah setahun setelah menikah, aku ga langsung gemuk tuh hahaha.. kebiasaan lah yang memperngaruhi.. sebenarnya kata-kata orang tua tentang “nikah pasti gemuk” itu adalah kiasan.. yang artinya disaat kalo kita sudah menikah hidup pastilah bahagia bersama suami. yang dulu pikiran terfokus sama pekerjaan, tidur larut malam, bangun kesiangan, bekerja lupa makan siang, pacar lagi ngapain ya? marah2 emosi ga karuan.. berbeda kalo sudah menikah, hidup jauh lebih tenang dan terjadwal..

Setelah menikah, kita jadi lebih mikirin suami, sarapan masak apa, siang nanti mau di masakin apa ya..? nanti malam enak nya makan apa? kemana2 selalu berdua.. tidur juga ga lagi sendirian ada yang menemani.. yang artinya ga bisa lagi bergadang sampe pagi, masak suami mau ditinggal tidur sendirian (kecuali deadline). Kerja meskipun kerja nya dirumah seperti aku ini.. tetap dibatasi, jam 8 Pagi sampai jam 5 sore saja, sedangkan hari sabtu dan minggu atau hari libur khusus untuk quality time bersama suami.. bisa dirumah ato liburan keluar kota.. gimana ngga happy coba? meski jadi istri rumah tangga tapi semua jadi terjadwal. berbeda banget sama saat kita masih pacaran/single, yang dipikirin hanya pacar yang bikin galau tiap hari, belum lagi terfokus sama pekerjaan buat modal nikah.. naaaahhh..😳


Yah kira2 begitulah ceritanya, seneng nya bisa berisi juga.. yang penting selalu bahagia, jangan banyak pikiran aja.. makan juga jengan sembarangan, aku aja yng sudah jarang ngemil2 ciki-an bisa berisi gini, mengding ngemil roti tawar yang jelas punya nutrisi ketimbang beli ciki, lebih bagus lagi kalo uang buat beli coklat chucky bar 20rb an ato cemilan di beliin buat daging, wah makin mantap lagi.. ga bisa masak? ga masalah sekarang banyak tutorial di internet cara memasak untuk pemula.. ga perlu malu. itung2 investasi buat masa depan..

End of stories, gemuk itu ga harus bergelut usaha banget, perlahan2 aja di ubah pola hidup, kebiasaan, kalo pun ga bisa di coba untuk mengatur jadwal.. kalo masih ga bisa, ya tunggu aja sampe bisa kapan waktu yang tepat untuk mengubah kebiasaan.. ya itu tadi seperti kata orang tua bilang “menikah nanti gemuk kok” hahahaha.😆

yah semoga gemuk ny ini awet ya.. Amiiinnn..

Kebiasaan apa saja yang ku ubah selama ini.. baca disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s