Recipe: Hainanese Chicken with Rice (Nasi Hainan)


Pertama nyobain bikin nasi ayam hainan itu gara-gara dengerin cerita suami jaman dulu pas jalan2 ke spore bareng keluarganya, doyan makan nasi hainan dan pesen bebek peking / bebek panggang. sempet juga aku nyobain nasi hainan direstoran malaysia dekat luwes jalan slamet riyadi, sekarang sih sudah tutup. nah dulu inget banget pas pertama kali nyobain, rasanya enak banget walaupun terlihat biasa saja. nasi ayam hainan ini aslinya, beras yang dimasak dengan kaldu ayam. ga jauh beda dengan nasi gemuk/liwet yang di godog pake santan, nasi kuning pake santan kunyit, ato nasi2 lainnya yang dimasak pake air rebusan berbumbu selain air..

Nasi Hainan ini dimasak dengan air kaldu ayam hasil dari rebusan ayam dengan bumbu2 seperti daun bawang, jahe, dan lain2.. nah air hasil rebusan inilah dipakai untuk menanak nasi.. menghasilkan nasi yang ringan dan gurih. ayam rebusan dijadikan sebagai lauk, masakan ini disebut nasi ayam hainan karena asal muasal masakan ini dari Hainan, China. makanya disebut nasi ayam hainan. memakai ayam kampung dri desa hainan, masakan ini jadi terkenal disingapore termasuk bebek panggang (peking, china). Gara-gara suami doyan jadi nya request minta dibikinin nasi ayam hainan ini, karena ga tau cara bikin nya, jadi aku cari resep di google. ketemulah resep dari Blog Steamy Kitchen, diresep ini menggunakan seekor ayam, jadi dengan petunjuk cara memasak dari resep ini, aku cobalah membuat nasi hainan sendiri, menanak nasi pake panci (balik lagi ke jaman masa kecil saat pertama kali diajarin menanak nasi mengunakan ketel), Porsi ayamnya yang pas buat 2 -3 orang anggota keluarga. Skip Cerita Click Here

Pertama kali coba bikin hasilnya memang belum sempurna, karena sudah lama ga nanak nasi dengan panci, karena kan sekarang udah jaman nya rice cooker ya hehe😛 jadinya kaku.. masak ayam nya dan sukses, sambal nya juga dibikin seadanya dengan jeruk nipis. Tiga sampe empat kali aku coba bikin makan malam dengan nasi hainan, sampe bosen sendiri.. haha masak nya sebenarnya sederhana hanya saja, membutuhkan waktu lama didapur. ada 3 proses memasaknya, pertama merebus ayam, lalu menanak nasi, dan membuat sambal. sebenarnya nasi hainan ini terbilang masakan sehat, karena ayamnya direbus, ditambah lagi tidak menggunakan MSG..

Sudah lama ga masak nasi hainan, baru2 ini kami mencoba restoran sekelas Sun City, restoran chinese yg terkenal high price itu karena porsinya memang untuk keluarga, karena baru-baru ini banyak promo dan menu paket lunch jadinya, plus dpt rekomendasi dari teman kantor suamiku, kalo skrng menunya ada yang paketan untuk makan sendirian. jadi kami memutuskan nyobain makan malam disni (baca ceritanya disini) singkat cerita, kami berdua dan seorang teman kerja, mencoba menu skali makan, ga pake sayur tapi sudah ada nasi dan lauk. suami ku mengincar Bebek panggang, dan aku memesan nasi Hainan. karena aku belom pernah coba nasi hainan sekelas restoran seperti ini. jadi aku penasaran. setelah mecoba aku benar2 takjub dengan rasanya yang enak. penampakannya dibikin beda, fillet ayam rebus yang segar disirami kuah kaldu diberi kecap asin dan minyak wijen, dihingankan bersama sambal jeruk yang khas banget karena di beri jahe didalam nya jadi pedas dan segernya bikin aku nagih nyocolin terus pake ayam. Karena itulah aku jadi tertantang buat recreate nasi hainan Suncity ini.

Setelah berpikir panjang hahaha😀, aku punya sedikit ide, untuk mengganti timun dan tomat dengan jamur shitake atau sayur pak choy, memang jadi berbeda. tapi proses nya bikin praktis aja, biar ada sayurnya gitu.. Karena kecap asin nasi hainan yang ada suncity sepertinya pake kecap asin yang ringan (contohnya: kecap lee kum kee), aku pake kecap asin yang ada dirumah aja yaitu kikkoman, dari warna jadi lebih gelap. setelah melewati proses memasak yang lumayan, haha akhirnya aku berhasil membuat ayam hainan sendiri, hanya saja penampakannya ga sebagus restoran punya hihi😀. “Ah ga masalah yang penting rasanya sama enaknya dengan restoran” kata suamiku. karena memang enak, suami ku nagih, besoknya minta di masakin lagi. percobaan kedua ini, aku menggunakan Mirin, dan ternyata membuat rasanya ada hint manis,  kuat dan enak ditambah sayur pak choy, biar ada sayur2 nya hehe😛.

Diresep ini aku tidak membuat Nasi Ayam nya, aku menggunakan nasi putih biasa, karena porsi yang dibuat untuk 2-3 orang saja menggunakan ½ ekor ayam aja  jadi kaldunya terlalu sedikit buat menanak nasi. dari pada rasanya ga nendang jadi aku putusin ga bikin nasi ayamnya.😀

Hainanese Chicken with Rice (Ayam Hainan)

dengan bahan sederhana menjadikan masakan istimewa

Ingredients:
Bahan A (Rebusan Ayam)
½ Ekor Ayam, bisa Dada/Paha/Dada Paha
600ml Air
2 Batang Daun Bawang (Besar), Potong-potong
4 Siung Bawang Putih, Geprek dengan pisau
3 cm Jahe Segar, iris2 tipis
1 tsp Garam

Bahan B (Tumisan Sayur dan Kuah)
100 gr Shitake Segar, Potong tipis2
2 tbs Mirin/Cooking Wine *Optional
2 tbs Kecap Asin
1 tbs Minyak Wijen
Lada Secukupnya
Olive oil/Minyak untuk menumis

Bahan C (Dipping Sauce/Sambal Cocol)*Optional
4 buah Cabai Keriting
½ bh air jeruk nipis/lemon/kunci
1 tsp Garam
1 cm Jahe, haluskan menggunakan parutan kelapa
2 tbs air kaldu ayam

Methods:
Step 1
Cooking Chicken:

  1. Bersihkan ayam dari sisa bulu/kulit ari yang menempel, lalu masukkan kedalam panci.
  2. Beri sedikit garam, potongan daun bawang, dan jahe. tutup rebus sampai mendidih selama 15 – 20 menit.
  3. Selama merebus, selalu tiriskan lemak kecoklatan yang menggumpal dibagian atas rebusan ayam menggunakan ladle.
  4. Matikan api lalu sisihkan

Step 2
Potong tipis jamur shitake, bisa juga menggunakan jamur shitake kering 3 – 4 buah saja (sebelumnya harus di rendam dulu semalam biar empuk).

Step 3
Panaskan minyak dengan api besar untuk menumis didalam wajan/teflon, masukkan Jamur shitake, tumis hingga jamur kecoklatan dan layu, beri sedikit lada halus.. kembali diaduk2 hingga rata, dan wangi

Step 4
Beri Mirin, aduk hingga mirin menguap dan kering, jamur menjadi glossy *optional (skip this step)

Step 5
Beri 250ml air kaldu ayam, tanpa daun bawang dan jahe hasil rebusan ayam tadi, sambil diaduk selamat 5 menit

Step 6
Masukkan Kecap Asin, tumis kembali selama 1 Menit. Matikan Api, lalu masukkan minyak wijen. dan sisihkan

Step 7
Membuat Cocolan *Optional

  1. Masukkan cabe, Jahe, garam dan air perasan jeruk kedalam blender, haluskan semua hingga halus.
  2. Tuangkan kedalam wadah kecil, beri air kaldu ayam, dan minyak wijen aduk rata
  3. Jika menggunakan ulekan, haluskan cabe dan garam, lalu masukkan kedalam wadah kecil
  4. Beri jahe yang sudah diparut, Tambahkan Air perasan jeruk, Kaldu ayam dan terakhir minyak wijen.

Step 8
Serving: Angkat ayam dari air rebusan, Potong2 diatas chopping board menggunakan pisau tajam, Taruh diatas piring.
Beri jamur shitake yang telah ditumis tadi, dan tuangkan kuah tumisan jamur kedalam piring. hidangkan bersama dengan nasi putih dan sambal cocolan.

Porsi 3 – 4 Orang

Jika punya kaldu yang cukup, bolehlah untuk membuat nasi ayam, dikira saja sekali makan habis berapa gram beras. Caranya 1 bagian beras : 1½ bagian air ,  contoh: 400gr beras :  600ml Air.

Additional Recipe – Nasi Ayam (Hainan)

Ingredient:
2 cups Beras
3 cups Air Kaldu Ayam
2 siung bawang putih, haluskan
2 cm jahe, haluskan
½ tsp minyak wijen
2 tbs Minyak sayur

Methods:

  1. Cuci Beras 2x, tumis bawang dan jahe dalam panci dengan api sedang, masukkan beras kedalam panci aduk2 selama 3 menit.
  2. Beri sedikit garam dan minyak wijen kembali aduk hingga rata, masukkan kaldu ayam, aduk2 sebentar.
  3. Tutup panci, lalu rebus nasi dengan api rendah, biarkan selama 10 – 15menit.
  4. Matikan Api, Buka tutup panci, biarkan uap nasi keluar, dan diaduk sebentar.
  5. Nasi siap dihidangkan..

 

Tanpa nasi ayamnya dan cocolan masih enak bingit rasanya, dan tentunya sehat.. gara-gara bisa bikin ini, tiap kali beli ayam suami slalu minta dibikinin trus😀, karena budget nya murah banget. trus sehat lagi.. kalo ga mau pake shitake, pakai timun dan tomat seperti resto suncity juga cocok kok :p,

Cooking Note:

  • Bisa juga dihidangkan dengan pakchoy rebus yang sudah di rebus didalam air kaldu, ato air terpisah
  • Jika menggunakan bagian dada, jangan terlalu lama merebus ayam, karena dada ayam akan kering
  • Sisa kaldu ayam sisa merebus bisa di simpan di dalam kulkas, caranya masukkan dalam kemasan botol kaca/plasti lalu simpan didadalm kulkas bawah. kaldu ayam ini bisa digunakan untuk membuat spagheti, atau sebagai pengganti air untuk membuat tumisan sayur, tahan hingga 2 minggu lamanya
  • Jangan memberikan tambahan garam pada tumisan jamur, sebagai gantinya kita sudah menggunakan kecap asin.
  • Menanak Nasi Hainan: 1 Beras : 1½ Cairan

One thought on “Recipe: Hainanese Chicken with Rice (Nasi Hainan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s