Recipe: Sambal Nanas


sambal nanasThis is the one my favorite sidedish from my grandmother inherited to my mom. i knew this kind of sambal (type of indonesia spicy condiment) since i was 5 years old. Sambel Nanas pertama kali dikenalkan oleh Almarhum nenekku, yang sudah mengasuk aku sejak masih bayi. dulu kita masih tinggal dirumah panggung terbuat dari kayu, dibawahnya masih tanah lumpur, itupun sewa bukan milik sendiri. biasanya dibawah rumah ada ikan air tawar, dan belut. ada juga ikan sepat. suka banget mancing ikan gabus, dan belut dibawah rumah. nenek ku dan ibu dari desa tepatnya di desa OKI, talang balai, ibuku besar didesa jadi sudah terbiasa hidup desa bersungai dan hutan rimba, mau cari durian, dan ikan tinggal ambil saja. langsung ke resep click here

dari kecil aku sering diperlihatkan cara memasak, mulai dari masak air, nasi, menggoreng telur, masak indomie, sampe akhirnya diajarkan cara bikin sambal. sampe sekarang memori itu masih kental banget di ingatan, karena sambal nanas inilah yang berkesan. aku ini pencinta buat, berbanding terbalik sama suamiku yang alergi buah, tidak setiap hari kami bisa beli buah, kadang buah yang dimakan jambu biji punya tetangga, jambu air punya tetangga kampung sebelah. pokoknya buah2 yang tinggal petik smua milik tetangga sudah di cobain semua hehehe😀. begitulah masa kecilku, rumah dekat dengan pasar, tiap minggu ibuku mengajak ku ke pasar (Pasar pagi, yng ada dijalan ogan). pagi itu ibuku beli nanas, tanpa banyak tanya, begitu sampai dirumah, nenek langsung mengupas nanas, dan di potong2 kecil. bagian tengah yang keras aku paling suka, kulahap sendiri sampe habis😀.

Trus aku bertanya sama nenek “itu mo dibuat apa?” Nanas kalo dihancurin biasanya ibu suka bikin selai nanas, untuk kue lebaran, tapi kali itu bukan lebaran, lalu buat apa. nenek bilang “itu buat sambal”, aku langsung heran, apa enak sambal dari nanas😕 setahu ku nanas itu enak dimakan jadi rujak, ato selai hehe.. dari awal sampe akhir aku ngeliatin nenek yang lagi asik mengulek bawang, dan menumis sambal nanas, sampe akhirnya jadi.. keluarga kami kurang suka pedas sambal yang gahar ga ketulungan. kami suka sambal pedas biasa, tapi tetap ada rasa manis nya sedikit. begitu jadi langsung aku coba dan.. *Paaannggg* rasa lezat sambal nanas bikinan nenek ga bisa terlupakan sampai saat ini.. dimakan sama rebusan sayur dan ikan goreng gabus hasil pancingan. waahh sungguh lezaaattt..

Sejak saat itulah aku suka sekali dengan sambal nanas, tapi syang kami ga bisa bikin sambal nanas setiap saat, karena benar kami belum mampu beli nanas setiap hari haha..😀. ibuku jarang buat sambal nanas, sampe saat sudah punya rumah sendiri pun, justru ibuku kadang2 pas selera aja bikin sambal nanas. apalagi sekarang nanas palembang yang terkenal besar-besar, dan manis itu sudah jarang ada dipasar, kebanyakan nanas kecil, kalo pun ada nanas palembang yang besar itu harganya justru mahal jadi heran, makanya jadi sayang kalo beli nanas mahal2 malah dibikin sambal..

Minggu kemarin aku dan suami belanja mingguan, kami mampir ke lottemart wholasale, udah jrng kesini karena ada lottemart retail dekat rumah, ternyata banyak perubahan, harga sayur dan buat disni justru murah banget, termasuk nanas. ga pikir panjang, langsung aku beli satu nanas ukuran besar, dan semangka. bener2 murah.. apalagi bawang bombay sekilo cuma 9000, karena hampir tiap masakan ku pake bawang bombay langsung beli 1 kilo, (padahal sudah mampir ke superindo beli 3 buah kecil ga sampe sekilo habisnya 8000). suami sampe komentar, “diinget2 aja kalo mo beli buat ato bawang ke sini aja”

Seepp, dapet buah nanas, langsung pulang nya bikin sambal nanas.. kebetulan aku sedikit lupa cara masak sambel nanas, langsung aku telpon ibuku di palembang, nanyain cara bikin sambal nanas.. dan violaa! berapa menit kemudian jadilah sambal nanas.

sambal nanas

Sambal Nanas

by my mother recipe

Ingredients:
1 Buah nanas ukuran Kecil/sedang (besar ½ saja)
6 buah cabai keriting (lebih jika suka pedas)
3 siung Bawang Putih
4 Siung Bawang Merah
½ tsp Garam
1 tsp terasi bakar
1 tsp gula *Optional
1 tsp gula merah
Minyak Sayur untuk menumis

Methods:
Step 1
Kupas Nanas, bersihkan bagian mata nanas, lalu potong melintang 0.5cm, lalu potong memanjang sampai membentuk dadu kecil. dan di cincang2 sedikit, lalu sisihkan

Step 2
Haluskan Bawang merah, bawang putih dan cabai, menggunakan blender atau ulekan, lalu sisihkan

Step 3
Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang, tumis bumbu yang sudah di blender, tumis hingga harum.

Step 4
Masukkan Nanas, Tumis sambil di aduk2 hingga nanas matang, beri garam dan gula. kecilkan api, lalu aduk hingga gula dan garam larut dalam tumisan.

Step 5
Masukkan terasi bakar, Haluskan menggunakan jari sambil di taburkan kedalam tumisan nanas kembali aduk rata.

Step 6
Terakhir masukkan gula merah, diaduk2 sampai tumisan tidak meninggalkan air jus dari nanas. Angkat, dan sajikan.

 

 

Sepintas penampilannya seperti Salsa, sebenernya sambal ini bisa dijadiin teman makan Tacos ala mexican food, ato roti naan khas india dimakan dengan potongan ayam dan selada, belum pernah coba sih hehe😀. Sambal Nanas ini tahan sampe 3 sampai 4 hari, dihari kedua kalau sambal nya masih sisa bisa dihangatkan kembali dalam wajan tanpa menggunakan minyak, panaskan 5 menit. sambal nanas jadi kembali segar.

Selamat Mencoba…

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s