Thai Milk Tea


Today story tentang thai milk tea, pengen posting tentang thai milk tea, aku tergila-gila sama milk tea, sangkin doyan nya udah lumayan sih nyobain tempat yg  jualin milk tea, dari teh susu biasa, teh tarik, sampe akhirnya thai milk tea..

Dulu waktu dipalembang sih lom tau kalo teh susu itu enak, justru malah ogah bayangin susu sariwang* dikasih susu.. haha sampe akhirnya pindah ke solo, punya kesempatan buat wisata kuliner mumpung ada pacar (udah jadi suami) yang mau nemenin keliling2..  teh susu pertama yang dicobain waktu itu teh krimer nya gardoe, mirip2 milk tea katanya, meski pakenya krimer.. pertama kali nyobain langsung suka.. karena emang enak teh nya. (ceritanya saya jatuh cinta sama wedang teh solo, gegara tehnya lebih kental, beda bingit sama teh sariwang* ato Zeppeli* yang dijual dipasaran kota palembang sampe2 sempet kirimin teh gardoe ke palembang biar keluarga disana nyobain)😀

Gara2nya sampe ketagihan hampir tiap hari mampir ke carefour buat beli teh gardoe krimer.. dulu di carefour belom ada teh gardoe yang mangkal, di SGM juga ga ada, adanya di solo square suka bela2in kesana beli teh krimer sambil jjs di mall.. (ga shopping cuma liad2 doank), sampe akhirnya ada di carefour jadi ga perlu jauh2 ke SS, sempat berapa bulan bertahan minum teh krimer gardoe, sampe akhirnya teh krimernya ga enak lagi, teh nya ga pekat seperti biasanya, plus krimernya ga kental kek dulu.. jadinya berhenti konsumsi teh krimer, sempet kecewa berat, sampe akhirnya jarang beli dan teh gardoe di carefour tutup..

Tapi disaat lagi doyan milk tea, dulu sarkem (depan merlion bakery) ada restoran malaysia yang jual nyonyah2 orang malay asli sepertinya, disini menunya menu malaysia, atau campuran lah ada kare indianya. aku dan suami nyobain kali aja enak. Pesanan pertama langsung teh tarik, plus kita nyobain curry ayam sama roti nya.. gara2 teh tariknya yang enak plus harganya juga murah meriah, kita juga jadi sering mampir kesini buat nongkrong pacaran berdua pinggir jalan liatin mobil lalu lalang sambil buat rencana masa depan hehe.. nostalgia berdua pokoknya kalo inget dulu jaman masih naik turun masih mencari jati diri… disni juga dimana aku pertama kali nyobain nasi hainan, tapi saat itu terakhir kalinya kami makan disana, setelah kemudian restorannya tutup..

Teh susu favorite aku dan suami itu sama, kita punya selera yang sama, kami suka teh susu yang teh nya berasa, susunya juga creamy kalo bisa sih bukan manis dari gula, tapi dari susunya.. biasanya teh dikasih susu SKM, sebut saja merek ternama di indonesia (Bender* / Cap Ena*) hehe pasti kalo kebanyak susu, ato sedikit pun susunya pasti berasa banget khasnya, belom lagi kalo ditarok dibotol tuppy/aqua simpen sampe besok dikulkas, trus kelupaan tarok kulkas, suka meninggalkan bau asam seperti susu basi.. itu yang bikin saya suka males kalo bikin milk tea sendiri..  nah susu tsb rata2 kalo di campur dengan minuman suka ninggalin. jadi ga heran kalo ada restoran punya teh tarik pertama kali coba langsung ng-judge “wah ini pasti pake susu bender” besok2 nya ga bakal pesen lagi.. mending beli es teh aja udah enak murah lagi haha.. :X

Ngga smua susu yang djual dipasaran cocok buat Milk Tea, kadang susu juga kalo terlalu sedikit kasih nya malah ga nendang creamy nya, tapi kalo kebanyakan juga malah jadi terlalu berat milk teanya.. kadang ninggalin rasa asam dilidah, ya seperti kita minum susu harus minum air putih juga buat netralin.  Makanya kita doyan Milk Tea diusahain yang sesuai dengan keinginan. *haha lebay*

Dulu juga sempet cobain milk tea botolan dari Nu, milk tea kemasan ini dicobain saat kami traveling di jogja, malem2 cari makanan mampir ke indomart ada milk tea produk baru dari Nu, pertama kali cobain langsung enek, karena teh nya pake teh melati yang kuat banget melatinya malah rasanya jadi kaya obat.. susunya juga ngga banget, gara2 itu milk tea nya jadi mubazir karena ga diabisin.  Ngga lagi2 deh beli Nu milk tea, pernah juga nyobain versi murah Milk Tea kemasan merknya teh tarik kemasan orange djual murah disupermarket, perbox isinya 5 sachet suka bikin 2 bungkus buat satu gelas, dulu sempet stok banyak, karena rasanya lumayanlah. abis dibuat lngsung  dimasukin dalam freeze pas siang2 yang hangat cocok banget minum milk tea panas2, tapi akhirnya berhenti bikin gara2 cepet basi baunya juga masam tak sedap. Belum lagi ninggalin bekas di botol tupperware.. gara2 itu aku jadi stop beli..

Smua restoran yang punya teh tarik ato milk tea sudah pernah dicobain, sebut aja restoran solo mana aja yang nyediain teh tarik/milk tea rata2 smua rasanya sama, kalo ngga dari bubuk instan, pasti racikan sendiri pake teh lokal dan susu kental manis bender*, ato parah lagi susu cap ena*, sering juga bikin nya ga joss, encer ga berasa, yg dirasain cuma manis gula haha..

Milk tea langganan terakhir adalah share tea ato ChaTime, baru2 ini setelah the park mall dibuka ad tempat nongkrong baru namanya ShareTea dan ChaTime, dua tempat ini sebenernya sama, hanya saja tempatnya yang beda.. kalo ShareTea di Lantai 1, menghadap view barat pas banget dengan sunset. kalo ChaTime di Basement, disni cuma bisa take away aja diminum di central park. kita sudah nyobain milk tea nya share tea dan cha time, so far enak, apalagi dikasih topping macem2, gula dan es nya juga bisa milih. kadang juga suka bawa pulang ke rumah tanpa pake es dan less sugar. biar milk tea nya dapet banyak kan ga pake es hehehe. Di share tea teh favorite kami itu trio milk tea, less sugar less ice, pake tiga topping Coffee jelly (diganti Grass Jelly), Pearl dan Pudding lumayan sih per gelas large nya 24K  selisih dikit sama Starbuck.. kalo chatime aku suka honey milk tea, less sugar normal ice, karena madunya lumayan banyak 2 shot, tapi entah pure honey ato madu campur fructosa ya.. harganya juga mayan 22K, di Chatime Suka ada promo Kakao Talk, tapi sekarang udah ngga ada lagi, dlu juga ShareTea juga ada Promo buy1get1, tapi promo nya juga cuma sebentar hehe😀

Gara2 terlalu doyan sama milk tea sampe2 ga kehitung lagi sudah habis berapa duid buat ke ShareTea, sampe akhirnya mikir2 buat bikin sendiri tapi tetep aja lum nemu resep yang pas, masih doyan beli jadi aja ahahhaa.

Sampe akhirnya kami diundang ke acara farewell teman kerja suami di black canyon, restoran thailand yang ada di solo paragon, sebelumnya kita sudah pernak kesini, tapi saat itu masih menu lama, belum ada milk tea nya, masih ada menu irish coffee yang ada liquornya, skrng udah menu baru, minuman nya makin tambah banyak variasi, dan minuman campuran liquor sudah ditiadakan. disini suamiku pesen thai milk tea yang harga nya gilak.. 35K pergelas nya.. mahal banget sih, sudah kaya starbuck aja. Begitu minuman nya datang, penampakan nya sih beda dari milk tea kebanyakan, warnanya ga seperti teh biasanya yang coklat  muda itu, tapi warnanya coklat keorangean. Dari penampakan aja udah bikin penasaran, sampe pada saat nyobain, suamiku sudah seneng duluan wajahnya lngsung sumringah sambil nyodorin ke aku and bilang “kamu pasti suka”, karena dari tadi penasaran, langsung dislruput aja sedikit, karena awalnya ga yakin… Lampu inspirasiku langsung nyala, haha😀 insting makin penasaran makin jadi. Trus keinget sama rasa teh tarik yang dulu pernah hilang, sama persis seperti thai milk tea ini hanya saja yang aku coba dulu itu lebih encer, ngga se creamy black canyon. Duuhh teh tarik dimana yaaa..???😕

Lama muter2 memori, akhirnya ingat.. Dulu pernah pas pertama kali jalan2 di jogja, hari pertama jadi turis dijogja, keliling jogja naek motor beat ga tau tujuan, dulu lom punya android masih pake hape nokia, jadi ga bisa cek venue di foursquare, buka map cari jalan, masih ngandalin mata. Malem2 keliling jogja buat cari makan, sampe akhirnya nglirik satu restoran namanya phuket resto. Dari namanya aja udah tau pasti restoran thailand, nah disana lah memoriku berujung. Aku dan suami pernah cobain teh susu thailand, pertama cobain waktu itu langsung jatuh cinta. tapi kami ga bisa setiap hari kesana karena 2 jam perjalan, harus liburan dulu baru bisa kesini.. Milk Tea nya Sama persis saat aku pertama slruput thai milk tea Resto Black Canyon..

Gara2 itu aku jadi ga mau kehabisan akal, jadinya muter2 cari ide gimana caranya biar bisa bikin sendiri, eh pas mau identifikasi susu apa yang dipake, trus ada gula apa ngga, thai milk tea nya udaah diabisin sama honey.. waaahh kejam.. tugas dirumah browsing2 cari tau cara bikin thai milk tea, dan menemukan resep di kaskus haha.. yang ternyata tebakan ku benar.. semua deskripsi milk tea yang tulis diatas sesuai banget dengan milk tea yang kami sukai.. Teh nya yang Khas, susunya yang Creamy tidak meninggal kan rasa asam after tastenya. manisnya juga oke..

Tehnya pake teh mix dari thailand, teh ini maksudnya teh yang sudah dibikin khusus buat milk tea, kalo diminum langsung juga bisa. Namanya thai tea mix number one, namanya panjang tapi rasanya emang mantap, ternyata teh ini bukan saya  aja yang jadi korban ketagihan, sudah banyak orang2  yg ketagihan sama ini teh, trus susunya pake susu carnation yg terkenal sebagai susu untuk campuran dessert ato minuman, samalah seperti susu bendera gold, bedanya susu carnation ga ada bau khas seperti bendera dan ditambah Susu evaporated biasa dijual di supermarket besar ato TBK, susu inilah buat rasanya jadi creamy. Merk apa aja bisa, tapi evaporated yang aku kenal cuma F&N dipasaran.

Udah dapet clue akhirnya penasaran buat order thai tea mix number one ini, apa yang bikin dia special? Kenapa bikin ketagihan? Kok bisa ya creamy? Pokoknya banyak banget rasa penasaran nya, sampe akhirnya beli sebungkus buat nyobain. Dan ternyata, jadi tau kenapa teh ini disukai banyak orang, teh nya memang beda sama teh lokal, daun teh lokal biasanya berbentuk bongkahan daun siap rebus, ini ga jauh beda hanya saja penampakannya halus dan sedikit berbubuk, wanginya juga creamy, seperti ada campuran krimer didalamnya. Begitu direbus, warnanya orange pekat banget tapi ngga ninggalin bau pahit dihidung seperti teh rebus biasanya..

Satu hal yang bikin penasaran, saat direbus teh ini mengeluarkan banyak busa, seperti ada campuran baking soda kalo direbus.. dan warna orange nya juga terlalu WOW. cepat banget bewarna, kasaran nya kalo cuma di seduh aja sudah mengeluarkan warna orange nya itu, tanpa harus direbus lama, tapi semakin lama semakin pekat warna orange nya dan semakin panas semakin jadi busanya, sekarang jadi tau yang bikin thai tea mudah berbusa cuma di kocok doank dalem botol sudah berbusa tanpa harus di tarik2 layaknya teh tarik.  aku coba rebus trus sampe ga berbusa, ternyata masih bisa berbusa kalo dikocok..

Yang kusuka dari teh ini, saat di campur dengan susu carnation dan evaporated, rasanya sama seperti thai tea nya Black Canyon haha.. enak banget dan bener2 bikin ketagihan, teh kental tapi ringgan dan ngga ninggalin rasa pekat dilidah, manis susunya juga ga bikin haus, ga perlu nambahin gula biar deh boros sama susu, yang penting enak..

teh susu thailand

Seneng banget bisa bikin bikin thai milk tea sendiri dirumah, bisa kapan aja bikin nya, akhirnya ga perlu sering2 ke sharetea, chatime, bahkan black canyon. Lah udah bisa bikin sendiri kok, murah meriah enak hihi.. jadi kalo mo beli milk tea diluar jadi harus dipikir-pikir lagi. next time mo cobain bikin eskrim, cupcake, dan es loli nya ah..

Related:
Thai Milk Tea Recipe
Jual Thai Tea Mix

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s