101 Must Have Ingredients


This is 101 must have item on my pantry, dan jika kehabisan harus segera di restok. Selalu nyebelin kalo ada satu bahan ga tersedia pas mau masak, bikin batal rencana masak buat hari itu hihi..

  1. Garam Halus, buat seasoning aja, dikit2 klo kebanyakan juga ga bagus buat kesehatan..
  2. Sea Salt, alias garam kasar, buat rebusan kaldu, sapi, pindang, ato bikin sambel suka pake garam kasar karena asinnya pas. kalo pake garam alus asinnya banget
  3. Lada hitam, i love fresh grind of black pepper, kalo buat seasoning lebih milih yang bijian, ketimbang powder, kalo powder khusus buat masakan yang mengharuskan memakai lada hitam yang banyak, contoh: sapi lada hitam
  4. Lada putih, jarang dipakai tapi tetep harus ada, karena kadang ada masakan yang ga cocok kalo pake lada hitam, contoh capcay, sop ayam, etc. 
  5. Minyak sayur, for deep frying. goreng ikan, katsu, french fries, homemade wedges dan masih banyak lagi.
  6. Olive oil, for stir frying or salad dressing
  7. Sesame oil, for Chinese dish
  8. Oyster sauce, i use lee kum kee chong yun (final decision after couple test of oyster sauce brand)
  9. Soy sauce, i used kikkoman good for making teriyaki, suki broth, yakiniku, or any japanese food
  10. Wochestershire sauce, i choose Lea Perrins
  11. Red wine vinegar, sometimes i used for marinating or dressing
  12. Yellow Mustard, i used this for marinated, for steak rubbing, saucing, or salad. I really love this..
  13. Unsalted Butter, it is great for breakfast menu, pasta dish, steak, or anything. merek apa aja asal murah.
  14. Dried Oregano, rosemary, thyme. For western food such a meatball, steak kalo ada yang segar di supermarket lebih joss lagi
  15. Indonesian spice, seperti ketumbar, kemiri, kayu manis, jintan dan pala. Kalo bumbu segar seperti jahe, kunyit, serai, lengkuas aku lebih milih beli segar, saat mau dimasak aja
  16. Panko breadcrumb, its good for katsu, tempura, onion ring or sometimes i put lil bit on my meatball
  17. Spaghetti, biasa pakai merek lokal, tapi akhir2 ini ketauan kejelekannya, ga bisa di simpan lama, kalo lama disimpan pas direbus jadi lengket, jadi pindah merk import tapi harga ga jauh beda. kemasan transparan warna hijau🙂
  18. Terasi (shrimp paste), buat sambal harus nih..
  19. Palm sugar
  20. Gula merah aren palembang kiriman dari ibu, buat bikin cuko pempek, pindang palembang, apa saja yang mengharuskan pake ini.
  21. Tepung Terigu, making pancake, waffle, cowder, naan bread, bakwan, pempek manis hahaha i cant live without it.
  22. Tepung maizena, mengentalkan kuah tumisan / sapo tahu, kadang buat mengentalkan sauce, pokoknya tugas buat ngentalin ya pake ini.
  23. Baking Powder, for now used only for breakfast menu, belum bisa buat kue haha
  24. Milk,  buat pancake, diminum langsung
  25. Homemade Chicken stock, kadang bikin masakan rebus2 an ayam, air rebusannya ga dipake trus disimpan deh buat kaldu.
  26. Spaghetti, biasa pake merek lokal tapi akhir2 ini ketahuan kejelekannya, ga bisa disimpan lama, diatas 2 bulanan. kalo kelamaan pas direbus suka benyek. jadi ganti merek luar kemasan yang harga nya ga jauh beda.
  27. Bawang merah
  28. Bawang putih, i love garlic, makan banyak bawang putih bagus buat kesehatan dan ibu hamil hehe
  29. Bawang bombay, must have untuk spaghetti dan lain-lain
  30. … dan lain lain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s