Recipe: Kimchi Jjigae (Sup Kimchi)


Asem seger, berkuah pedes-pedes, ada udang, tuna, ato ayamnya.. hmmmm langsung ngeces deh.. Kimchi itu terkenal dengan makanan emergency. kalo lagi laper punyanya cuma nasi panas, dimakan sama kimchi dan telur ceplok aja udah enak.. sama kek makan sambal deh, tapi kalo sambel kan harus dibikin dulu.. Nah sudah sedia kimchi dikulkas, pas bener stok bahan makanan udah tinggal sisa nya doank.. contohnya, cuma ada dada ayam sedikit sisa bikin curry kemaren, ato memang sengaja disisain buat nanti.. ato ada wortel sisa ngesop ayam, ada sisah ikan, udang, tahu, pokoknya serba sisa.. sup kimchi ini bisa jadi andalan loh kalo lagi laper.. kasarannya cuma di rebus doank kayak mie instan udah kenyang.. (dibanding makan mie instan terus kalo laper mending kimchi jiggae)..

Resep ini cocok buat yang punya lidah seperti aku, doyan sama fermented food seperti kimchi, dan suka masakan pedas yang ga terlalu pedas. kalo yang ga doyan kimchi jangan harep suka sama masakan ini.. haha . aku dan suami pencinta masakan tanpa msg jadi sebisa mungkin menjauhi MSG, kalo pun terpaksa ada bahan makanan dah pake MSG, contoh kecap ikan, saos tiram, dll yang dalam kemasan itu ga masuk itungan ya.. maksud saya, masak nambahin Micin, Roy** ato apapun itu namanya.. hehe

Langsung aja deh ya, yang sudah punya kimchi dikulkas siap-siap buat diolah.. prepare your all ingredient before cook..

KIMCHI JJIGAE (SUP KIMCHI / KIMCHEE STEW)

Healthy emergency food, to pleasure my palate and stomach from starvation

Ingredients:
4 potong bagian kimchi (appo. 1 cups or more), beserta jus kimchinya (appo. 1/2 cups)
Leftover Chicken/Fish/Squid/Shrimp/Tuna atau yang lain
2 pcs Tahu potong kotak (optional)
1 tbsp Gochugaru (Bubuk cabe Korea)
1 tbsp Gochujang (Pasta cabe Korea)
1 tbsp Sesame Oil
1 Batang Daun Bawang, diiris-iris
Gula dan Garam Secukupnya
Air untuk merebus

Methods:
Step 1
Masukkan Potongan kimchi dan jus kedalam panci atau kalo punya kimchi pan yang warna hitam khas korea itu boleh dipakai.. atau ceramic sapo pan juga bisa dipakai. karena dirumah cuma ada nya panci ya saja jadipake panci biasa aja.

Step 2
Masukkan Daging, Gochugaru, Gochujang, Sesame oil, dan air sampai bahan tertutup smua.

Step 3
Rebus selama 30 Menit dengan api besar, lalu masukkan Tahu, daun bawang dan gula garam secukupnya

Step 4
Rebus kembali selama 20 menit dengan api sedang. setelah itu matikkan api, lalu sajikan dengan nasi Hangat

Porsi 3 Orang

 

Leftover dmaksud itu sisa protein yang ada dikulkas, misalnya punya dada ayam, bisa dipake, ato apa aja.. adanya sardine kalengan juga tinggal dicampurkan aja.. jadi ga monoton harus ayam trus.. sesuai selera, ato sngaja beli protein buat bikin kimchi jigae makin yahud lagi.. ga ada bumbu2 lain yang ditambahin selain bahan diatas, karena kimchi jus sudah mengandung bumbu2 garlic, jahe, dll hehe.. kalo misal ga punya protein dikulkas punya cuma telur ayam, juga bisa dipake kok caranya crack an eeg to boiling kimchi di 10 menit terakhir, kalo mau telurnya fully cooked, rebus nya saat 20 menit terakhir kedalam rebusan sup kimchi.. hehe

hidangkan dengan nasi, cara makannya sama seperti makan soto.. dipisah dalam mangkuk ato dicampur langsung ke nasi.. buat yang doyan pedas bisa tambahin cabe, karena gochugaru terlalu mahal di indo, jadi sayang banget kalo nambahin gochugaru banyak2. hehe ati2 keselek ya, kalo keselek ga enak banget rasanya hahaha

Selamat mencoba…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s