Recipe: Baekchu Kimchi (Fermented Chinese Cabbage)


Kimchii really love kimchi, i am one of fermented food Fans, like kimchi.. di indonesia juga ada banyak macam fermented food, dikampung ibuku tanjung raja, talang balai, OKI. mengenal yang namanya “pekasam” , made from fermented fish, salt and rice, and keep it tight for ages. karena di desa ada sungai sebagai sumber makanan, jadi ikan2 kecil seperti ikan sepat, atau patin, suka dibikin pekasam.. dimasak dengan santan.. hmmm rasanya mantaappp.. (kapan2 aku sharing resepnya)

Ada juga namanya Acar-acaran.. yang kusuka itu dari timun.. at my hometown (palembang), i used to make cucumber salad with Chili, salt, some onion, and dried shrimp. eat fresh with hot rice, tasted really good. ada juga acar dari timun yang di kasih cuka dan dan garam, tapi kalo acar lobak, atau sawi seperti kebanyakan dijual di pasar gede yang baunya menyengat itu, (biasa dibikin oleh keluarga tionghoa) aku ngga suka, dari baunya aja udah ga suka haha, terlalu kuat,, entah biasa dibikin apa.. tapi aku lebih suka acar timun yang asam atau yang pedas..

Karena lidah ku cocok banget kalo makan acar2-an jadi kalo ketemu sama kimchi acarnya orang korea jadinya pas banget.. hehe.

Udah 3 Kali bikin kimchi sendiri, ngadaptasi resep milik Maangchi disini, karena akhirnya dpet bubuk cabe korea gochugaru. sekarang justru jualan kimchi dan bahan2 nya.. karena kedepan bakalan terus bikin kimchi, jadi dipastikan di kulkas pasti ada kimchi.. kimchi enak kok, apalagi kalo buat urusan makan emergency. aku suka kimchi baekcu, karena lebih enak ketimbang kimchi timun, kalo bikin acar buat timun aku lebih suka acar nya kita punya ketimbang dibikin kimchi.

Resep nya Maangchi harus diadaptasi karena Garam halus nya indonesia rasanya asin banget, soalnya aku coba bikin kkakdugi sesuai resep hasilnya malah keasinan. garam halus nya indo punya mungkin lebih asin banget kali ya.. jadi aku kombinasikan menggunakan garam kasar untuk merendam dan garam halus untuk lumuran. Bagian oyester/cumi cumi segar, aku skip. karena baunya kurang sedap di hidung, aku ganti dengan extra anchovies sauce saja.

Fresh Kimchi

KIMCHI SAWI PUTIH (BAEKCHU KIMCHI)

Sour, Spicy, Salty, Fishy, Crunchy all in one, i can make everything with kimchi, even for emergency supper

Ingredients:

Bahan A:
1 Larga chinese Cabbage (Sawi putih ukuran besar dan Padat, beratnya kira2 1kg lebih atau bisa yng kecil2 2 Buah)
1 cups Garam Kasar
½ cups Garam Halus
Air Matang

Bahan B:
1 tbsp Tepung Beras Ketan
½ cups Air
3 tbsp Gula

Bahan C:
8 Siung Bawang Putih (kurang suka rasa bawang putih dikurangin aja)
1 buah Bawang Bombay Ukuran Kecil
5cm Jahe
4 tbsp Anchovies Saus (Kecap ikan)
½ cups Gochugaru (bisa ditambah kalo suka pedas)
1 buah lobak ukuran kecil (Potong memanjang ukuran korek api)
½ cups Daun Kucai
2 Buah Spring Onion (daun bawang), potong 3cm, lalu di iris tipis memanjang

Methods:

Step 1
Bahan A: Belah Sawi Memanjang bagi 2 Bagian, Rendam dalam Air matang (Air Galon/Air masak) yang sudah diberi 1 cups garam kasar. Rendam selama 2 Jam.

Step 2
Setelah 2 Jam, Tiriskan air cuci bersih dengan Air bersih biasa. Lumuri seluruh permukaan Sawi tiap helai daunnya dengan garam halus, perbanyak garam bagian batang, diamkan selama 2 jam lagi sampai daun lentur dan mudah untuk di olesi sauce kimchi

Step 3
Setelah 2 jam, cuci bersih dengan air matang sebanyak 3 kali (harus dengan air matang karena di indonesia air keran/ledengnya tidak purify seperti diluar negeri yang langsung bisa di minum dan bebas  bakteri jaga2 aja biar ga kena salmonella, jadi sebelumnya bisa masak air dulu pake panci gede hehe..).

Step 4
Bahan B: Larutkan Tepung Beras Ketan dalam air lalu masak, sambil diaduk terus hingga mengental, Masukkan gula, aduk sampai mencair. lalu dinginkan.

Step 5
Bahan C: Haluskan Bawang Putih, Jahe, dan Bawang Bombay, dengan blender ato menggunakan ulekan.
Setelah larutan beras ketan dingin. masukkan kedalam Mangkok, campur dengan bawang yang sudah dihaluskan, ditambah dengan fish sauce, dan gochugaru. lalu diaduk hingga rata menggunakan sendok.

Step 6
Jika sudah rata, masukkan daun kucai, spring onion dan lobak, lalu aduk rata menggunakan tangan, jangan lupa gunakan sarung tangan latex biar ga kepanasan. (tersedia diapotik sepasang cuma 2000)

Step 7
Pasta cabe sudah jadi, Sawi yang tadi sudah diasinkan dan di cuci bersih, lumuri dengan Pasta cabe tiap helai daun nya, merata dari pangkal hingga ujung daun, dimulai dari bagian terluar sawi. Lanjutkan hingga semua helai rata tertutup pasta cabe.

Step 8
Jika sudah selesai, Lipat bagian luar daun melingkar kedalam, susun didalam wadah kedap udara (container biasa, bioskip, ato tupperware), sambil ditekan. jika semua sawi selesai di lumuri pasta cabe, disusun rapi, sambil di tekan2 permukaan atas hingga udara yng tersisa hilang. Tutup, lalu diamkan selama 24 jam disuhu ruangan dan gelap. setelah itu bisa di masukan kedalam fridge suhu biasa.

Done!.

Jika ingin fermentasinya cepat menghasilkan rasa asam, pedas bisa diamkan selama seminggu didalam suhu ruangan, atau jika ingin fermentasinya lambat, bisa disimpan di dalam kulkas suhu biasa (bukan frezeer), dan bisa diambil kalau ingin disantap. dengan cara mengiris kimchi sesuai porsi yang dinginkan. Kimchi tahan lama, berbulan-bulan didalam kulkas. Bisa disantap seketika atau juga bisa sebagai bahan masakan lain ala korea. potong kimchi kalau ingin di makan, atau dimasak sesuai porsi yang dibutuhkan, kalau sudah diambil, tutup kembali lalu dimasukin kedalam kulkas.

Tips:
Jangan lupa menggunakan sarung tangan karet ya saat mengaduk menggunakan tangan, karena bubuk cabe ini cukup bikin tangan kepedasan, apalagi buat yang sensitif sama cabe, tapi kalo merasa terkena percikan dan kepanasan, segera olesi dengan minyak sayur/jelanta bagian yang kepanasan, diamkan sampe ga pedas lagi.

Jika kurang suka dengan bawang yang berlebih, bisa dikurangi atau lewati aja bawang bombaynya.

Selamat Mencoba!

4 thoughts on “Recipe: Baekchu Kimchi (Fermented Chinese Cabbage)

  1. yang resep dari maangchi masih dipendem sejak bulan yang lalu lau belum pernah dicobain. tapi kayaknya weekend ini mau nyoba resepnya mbak dulu deh. Izin nyontek ya ;D

  2. Halo!

    Kami melihat bahwa Anda memiliki beberapa resep yang lezat di blog Anda.

    Kami ingin memasukkan blog Anda pada pada daftar Top Food Blog di MyTasteIndonesia.com, sebuah jejaring sosial buat Anda yang menyukai masakan dan juga yang pemilik blog seperti Anda. Banyak blog yang telah menjadi anggota dan mendapatkan keuntungan dari publikasi di situs kami.

    Anda dapat menambahkan blog Anda pada daftar Top Food Blog kami dengan mengikuti link ini http://www.mytasteindonesia.com/top_food_blogs

    Mohon untuk membalas email ini agar kami mengetahui bahwa Anda telah menerimanya. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya. Semoga kami akan melihat blog Anda di daftar Top Food Blog kami.

    Salam,

    MyTasteIndonesia.com

  3. Pingback: 「Cooking Challenge」Mak-kimchi ( ala yuni ) | y u n i

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s