Memilih Daging Giling (Ground Beef)


daging giling

Biasanya daging giling tersedia sudah digiling di supermarket, jadi tak perlu repot untuk menggiling daging sendiri.. Daging giling dibuat menggunakan sisa potongan daging kualitas terbaik, ato bahkan potongan daging utuh seperti khas luar, bagian kelapa, brisket(Perut). tapi tentu saja harganya jatuh lebih mahal.

Banyak menu yang enak terbuat dari Daging giling (Ground Beef), aku pribadi suka bikin Meat Ball untuk spaghetti, atau beef Patty untuk sandwich atau burger, Meatloff, Shepherded Pie, atau Nasi goreng juga bisa bahkan Bakso juga dari daging giling. hehe ada banyak menu yang bisa di buat dengan daging giling, dengan harganya yang jauh lebih murah daging giling bisa dibikin banyak jenis masakan yang lezat.

Daging giling dijual kebanyakan juga asal2 daging digiling, banyak juga yang mencampur daging dengan jeroan sapi, atau bahkan gumpalan lemak sisa dari daging.. biar ga ketipu ada beberapa cara memilih daging giling yang segar .  kita bisa membuat daging giling dari bagian daging pilihan, tentu saja mengeluarkan biaya lebih, atau bisa juga membeli daging giling yangg sudah di packing di bagian fresh food supermarket.

Daging giling biasanya djual segar segera setelah digiling, karena jika daging giling sudah berumur satu hari, kalo tidak laku daging giling harus di simpan di suhu freezer, kondisi beku. dan djual lagi kondisi sudah di defroz (didiamkan di suhu ruangan) tapi kalo sudah di freezer, daging biasanya sudah bercampur dengan air, dan rasa dan teksturnya sudah beda.. bahkan jadi kering dan hambar ketika dimakan. Berikut cara  memilih daging giling yang segar:

Pertama harus lihat packaging nya.. di packing tanggal dan bulan berapa.. meski kadang itu ga bisa dijadiin patokan juga.. kita juga harus jeli melihat tekturnya langsung.. ground beef rata-rata sudah di packing dalam styrofoam di tutup dengan plastik warp.. caranya bisa lihat warnanya, warnanya masih merah segar, kalo pun tercampur banyak lemak putih2. pilih jangan yang terlalu banyak lemak putih.. atau yang warnanya merah pucat, karena bisa jadi sangkin banyaknya lemak warnanya jadi merah pucat.. ada juga yang warnanya merah tua, atau merah kehitaman, itu artinya banyaknya daging yng terdapat di daging giling tersebut, biasanya teksturnya lebih keras dan kering.. diindonesia jarang ada yng jual daging smua haha, kecuali daging yang sudah lama ga laku.. trus di giling.. ada juga yang warnanya merah tua, tapi terdapat bagian2 yang hitam. itu artinya daging giling nya sudah lama. pilih yang warna merah nya rata

Warna merah juga kadang ga jamin daging segar, ada juga warna merah banget. tapi seperti habis di frezer, jadi warna merahnya rada bening, transparan, dan ber air, seperti es habis di frezzer. itu artinya daging giling tersebut sudah di freezer beberapa kali.. makanya warnanya tidak segar lagi..

Dari bau juga bisa, coba saja cium kemasan, pilih yang wanginya masih fresh segar atau tidak mengeluarkan bau menyengat dikemasan, jgn pilih yang baunya apek nya sudah menyengat. atau pilih yang tidak tercium bau apa-apa

jika di sentuh, teksturnya tidak lembek seperti bubur, pilih yang sedikit keras jangan terlalu keras juga hehe..

Aku pribadi suka daging giling dengan sedikit lemak putih. karena rasa nya yang lazis juga dari lemak nya tersebut, jgn terlalu banyak lemak juga kalo kebanyakan juga masakan jadi banyak minyak nya.. pilih sesuai selera ya..

Harga daging giling bervariasi, ada yang satu kilo nya 100rb-an lebih, itu artinya daging di pilih dari potongan berkualitas.. atau yang 50rb-an, murah meriah biasanya campuran bagian berlemak.

Daging giling bisa disimpan paling lama 2 hari, didalam freezer, simpan di wadah ziplock atau container, jangan di simpan didalam stryofoam, selain ga bagus buat kesehatan, defroze nya juga lama. jadi simpan di wadah lain, saat didefroz bisa di celupin ke air beserta kemasan nya.. kalo sabar menunggu sih, gaperlu di thawed pake air, tinggal diamin aja di atas meja sampe ga keras lagi..

Selamat mencoba.

3 thoughts on “Memilih Daging Giling (Ground Beef)

  1. Pingback: Singaporean Green Bean | Keluarga Sony

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s