How to make withered basil fresh again


Basil

Ketemu yang jual basil di supermarker atau pasar tradisional? Tapi sayang penampakannya sudah ga fresh lagi alias layu. Padahal jarang banget nemuin dedaunan basil seger.

Jangan keburu kecewa, basil bisa dibikin fresh lagi kok, ini juga berlaku buat sayur lain seperti caisim, bayam, mint, sawi pahit, celery dan lainnya yg memiliki batang.. sebenarnya nya ini cara lama, mungkin sebagian orang sudah banyak yang tau cara ini..

Segera dibeli basilnya sebelum kehabisan, basil bisa tahan 7 hari setelah pemetikan, sebelum akhirnya basil layu banget dan ga bisa di revive lagi. buat mengembalikan basil yang layu agar segar kembali caranya mudah sekali. yaitu dengan membantu mengembalikan Proses penyerapan air si basil melalui batang, proses tersebut namanya absorbsi. ilmiahnya gitu (pelajaran smp loh)

Basil biasa djual biasanya dalam bentuk dedaunan muda, ada juga yang dipetik pucuk muda nya saja, masih meninggalkan sedikit batang, basil yang djual dalam bentuk daun2 an agak sedikit susah merevivenya, karena kalo direndam daunnya lebih cepat busuk ketimbang basil yang dijual masih mempunyai batang. jadi kalo bisa sih pilih basik yang dijual masih ada batang.

Yang dibutuhkan:
Basil ato sayuran layu.
Air bersih.
Wadah, sesuai ukuran sayuran

  1. Caranya, potong ujung pangkal batang yang menghitam bekas pemetikan dengan gunting. Ini fungsinya agar penyerapan air sempurna menghindari xylem yang rusak karena layu.
  2. Lalu rendam basil dalam air  diamkan paling tidak 15 menit. dalam proses absobsi ini basil menyerap air melalui batang.

Basil masih mempunyai daya serap nutrisi air di batang, begitu juga sayuran yg mempunyai batang keras maupun lunak.. hal ini sering aku terapin tiap kali beli sayur keburu layu karena panas ato terlalu lama ga dimasak. Biar segar kembali caraku biasanya seperti itu sih.. ini berlaku buat sayur yg layu nya ga parah banget sampe kering gitu ya.. kalo dah kering daun nya agak sulit buat di revive karena daya absorbsi nya sudah mati..

Setelah 15mnt dicek lagi aja rendaman tadi.. dijamin basilnya jadi fresh kembali. Jgn merendam terlalu lama, seperti direndam stengah hari ato 24jam. Itu akan membuat batang sayuran menjadi busuk.

Jadi lebih baik jika belum ingin dimasak buang dan yang sudah menghitam busuk lalu di angin2 hingga tidak ada air, masukan kedalam plastik kedap udara ato ziplock lalu dimasukkan ke dalam kulkas dijamin tahan lama..

Sgitu aja tipsnya semoga membantu

fyi; fresh basil cepet banget laku dipasaran. kemrin setelah beli basil begitu balik kesana udah habis terjual..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s