Japan & Korean Chicken Katsu Curry


Beberapa hari yang lalu nyobain bikin chicken katsu plus saucenya dipakein Curry. biasanya bikin Chicken Curry aja, jadi chickennya ga di katsu. akhir2 ini banyak resto jepang di solo.. biasanya kalo mau makan katsu ya tinggal pesen aja.. trus biasanya aku doyan masak curry dirumah, loh kenapa ga bikin curry katsu aja.. yaudah kmrn sempet bikin chicken curry katsu yang rasanya, omaigod enak bangeett (ga sombong nih ya) emang enak banget soalnya.. Beberapa temen kantor suami juga mengakuinya hehehe..

Bedanya curry yang dimasak ini dengan kare nya indonesia beda jauh sekali. kare nya indonesia lebih berkuah, dan bumbunya bisa dibuat sendiri. tapi curry yang ku maksud adalah curry yang biasa dibuat di jepang atau korea. jadi kalo mo buat ini harus pake bumbu yang dijual bebas dipasaran khusus curry jepang atau korea.. aku biasa order online buat beri curry korea, dan pengen juga nyobain yang jepang. biasa available di kaskus, dan harganya juga kadang murah kadang mahal, biasalah suka2 yang jual, kalo barang most wanted aja di mahalin hehe..

IMG_20131128_184454

Untung nya baru2 ini di lotte mart the park solo baru sudah menjual curry korea, beragam tingkat kepedasannya, grand opening kemarin, available rasa mild saja, tapi baru2 ini sudah ada yang hot. di sini juga menyediakan S&B Japanese Curry. Bumbu curry khas jepang. available dalam 3 ukuran dan rasa, harganya juga lumayan mahal sih. tapi gapapa lah buat beberapa x masak. ketimbang harus makan di restoran terus..

Japan dan Korea Curry dua2 nya punya perbedaan tersendiri, korea curry lebih kuning karena unsur kunyitnya lebih melekat, jadi kalo makan curry korea jangan banyak2 bisa2 tenggorokan jadi panas, beda dengan japan curry yang warna nya lebih gelap, japan curry juga pake kunyit tapi ga sebanyak korea curry. japan curry lebih banyak menggunakan bahan yang di caramelized. sehingga warnanya gelap dan terkesan kentalnya mantap.. dari segi rasa dua2nya sama2 enak, rasa korea curry lebih manis (mild) dan japan curry manis dan gurih, dua jenis curry ini sama2 enak kok, dan kalo pengen curry nya pedes, bisa tambahin cabe bubuk. jangan cabe fresh nya rasanya ntar aneh.. beli aja cabe bubuk di pasar yang sachetan itu..

Satu kemasan korea curry (100gr) biasa buat 6 sampai 8 porsi (besar), karena bumbu curry nya lumayan pekat, untuk dua porsi korea curry aku cuma butuh 3 sampe 4 sendok bubuk bumbu korea curry.. sedangkan Japan Curry (240gr) bisa untuk 12 porsi atau dimasak sesuai petunjuk kemasan, atau bisa juga sesuai resep ku yah..

Japan & Korea Chicken Katsu Curry

Preparation: Siapkan dulu semua bahan termasuk untuk curry dan ayam katsu, memasak curry terlebih dahulu, dan terakhir dilanjutkan dengan membuat chicken katsu.

Japan & Korea Curry:

3 Buah wortel import ukuran sedang, kupas lalu potong2 sesuai selera
3 Buah Kentang ukuran sedang, dipotong sama ukurannya dengan wortel
3 siung bawang merah dan bawang putih iris tipis.
500ml air
2 sdm olive oil / minyak untuk menumis

2 Blok Japanese S&B Golden Curry (240gr) atau 4 tbsp (50gr) Bubuk Ottogi Korea Curry, larutkan dalam air

 

Chicken Katsu:

3 Buah Dada ayam fillet, Bersihkan
1 butir telur, kocok lepas
2 cups (200gr) Tepung Terigu
2 cups (100gr) Panko Breadcrumbs (tepung roti)
Minyak untuk menggoreng
Merica dan Garam untuk seasoning

 

Methods:

  1. Persiapkan semua bahan, taruh telur, tepung terigu, dan panko diwadah terpisah.. atau bisa juga menggunakan plastic bag.
  2. Ayam yang sudah di cuci bersih, di belah dua bagian tengah menyamping tapi jangan sampai terputus, menjadi 2x size awal. atau bisa juga dada ayam utuh digepuk2 sedikit, hingga lembut tapi jangan terlalu lembut..
  3. Lalu lumuri dada ayam dengan garam dan merica di kedua bagian atas dan bawah secara merata, lalu sisihkan sebentar.
  4. Potong2 sayuran wortel dan ketang, potong ukurannya kalau bisa sama.
  5. Tumis bawang hingga wangi, masukkan sayur dan beri air.. rebus hingga sayur matang
  6. Beri Bumbu blok Japan curry / larutan bumbu curry korea, aduk kembali hingga larutan larut merata.
  7. Rebus dan aduk hingga mengental. sisihkan
  8. Panaskan minyak untuk menggoreng Katsu
  9. Dada ayam tadi, celupkan kedalam telur, sampai ayam tertutup rata semua bagian oleh telur.
  10. Berikutnya, lumuri ayam dengan tepung terigu secara merata.
  11. Setelah itu masukkan kembali kedalam telur, lumuri hingga rata.
  12. Terakhir, masukkan kedalam wadah berisi tepung panko, lumuri hingga seluruh permukaan dada ayam rata dengan panko.
  13. Lakukan langkah yang sama untuk dada ayam lainnya.
  14. Panaskan minyak kedalam wajan anti lengket, goreng ayam menggunakan api kecil, hingga kedua sisi katus berwarna ayam kecoklatan..
  15. Lalu angkat dan sisihkan diatas paper towel/tissue.

3 – 4 Porsi Besar

Hidangkan Chicken katsu yang sudah di potong2 dengan Japan / Korea Chicken Katsu curry beserta nasi Hangat. makan selagi panas. Kuah Curry bisa tahan hingga 12 jam, jika dingin bisa dihangatkan kembali..

 

Tips: Kuah Curry bisa di masak dengan banyak sayur dan kuah kental atau banyak kuah dengan sedikit sayur, masak sesuai selera asal sesuai resep diatas. tinggal disesuaikan saja.. 

Pada saat merebus sayuran, air bisa menyusut, jika pada saat bumbu diberikan kuah terlalu kental, bisa saja menambahkan 100ml air lagi.. tidak ada bumbu2 tambahan lagi selain bumbu curry yang sudah ada

Jika ingin Curry yang pedas, bisa tambahkan cabe bubuk. rekomendasi sih pake cabe bubuk ya.. tapi kalo mau pake cabe rawit/cabe keriting silahkan, rasa ditanggung lidah masing2 hhehe

 

jika ada pertanyaan silahkan tulis komentar dan Selamat menikmati ^_^

 

5 thoughts on “Japan & Korean Chicken Katsu Curry

  1. Pingback: Jual: Bumbu Kare Korea dan Jepang (Ottogi Curry dan Golden S&B Curry) | Keluarga Sony

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s