Lebaran di Solo


Tahun ini lebaran aku ga bisa pulang mudik ke palembang, rencana nya tahun depan bakalan mudik bareng suami. sebagai gantinya lebaran pertama ku di solo sebagai seorang istri aku ingin masak sesuatu buat lebaran.. setelah berdiskusi dengan suami, aku ingin coba masak malbi dan pempek palembang resep dari ibuku.. dua-duanya aku lom pernah masak sendiri biasa nya ibuku yang selalu masak buat lebaran. jadi aku sudah putusin lebaran kali ini, mau masak malbi dan pempek palembang.. plus ketupat hehe..

Aku mau bikin malbi dan pempek, sehari sebelum lebaran aku dan suami kepasar gede buat beli bahan-bahan, wah syok banget melihat harga daging naik drastis, ini rasanya kalo jadi istri ya, dulu ga perlu repot2 mikirin harga bahan pangan naik pas lebaran, sekarang baru kerasa repotnya kalo pas lebaran harga daging naik segitu mahalnya.. belum lagi harus antri dengan ibu-ibu lainnya dipasar.. karena bru pengalaman pertama masak pas lebaran, Beli lah sekilo daging khas luar dan seekor ikan tenggiri ukuran 2 kg..

Begitu pulang kerumah waktu mau bersih2 in daging dan ikan aku kaget sekali dengan bau ikan tenggirinya yang aneh, baunya mengingatkan aku dengan ikan berformalin yg pernah aku beli buat makanan kucing, semakin aku cium bau dan teskturnya saat di pegang semakin yakin kalo ikan tenggirinya dikasih pengawet. waah aku jadi kecewa seketika itu, padahal itu tempat langganan aku beli ikan, ga pernah nawar padahal.. seonggokan ikan tenggiri banyak dibawah meja si penjual ternyata sudah diberi pengawet.. tapi untungnya seperti baru saja dikasih, karena bau menyengat terlalu kuat dibagian perut dan ingsang tenggiri. seperti baru saja di beri pengawet.. dari pada mubazir 90rb akhirnya bagian kepala yang rencana mo di bikin sop ikan, tebuang. kusisakan bagian daging yang masih belum terkontaminasi pengawet. aku kecewa, biasanya aku beli ikan suka cek ingsang nya tapi kali ini memang ngga aku pegang sendiri.. yah karena di taruh dibawah meja.. ingsangnya pun ga aku cek sama sekali. sankin dah percaya sama mereka.. mungkin karena mau lebaran, ikan bakalan ga laku karena libur lebaran.. aku jadi lemes mo bikin pempek abis cium bau ikan tenggiri berpengawet..

Kucuci berkali2 tenggirinya, kubuang bagian kulit, dan perut yang sudah terkontaminasi berat dengan pengawet.. bagian yang mau di steak buat malem harinya ga jadi di buat karena tenggirinya bukan tenggiri segar. akhirnya smua nya dihalusin buat pempek.. aku memang down, aku jadi berceloteh dengan suami, “duh kenapa ga beli di lottemart aja ya, lottemart kan ada tenggiri, dijamin segar lagi.. harganya paling ga jauh beda dengan pasar gede. yg penting kan dah pasti fresh dan bisa milih sendiri”..  hehe, suamiku memang sayang banget sama aku, siang nya lanjut ke lottemart buat ngecek apa lottemart jual tenggiri, skalian lah beli sagu tani juga disana..

Siang nya kami ke lottemart, sagu yang di cari malah ga ada, tapi kami ketemu tenggiri di bagian fresh food. tenggirinya ukuran 1.5 kg kebawah. betapa seneng nya aku liatin ingsang tenggiri yang masih merah.. dagingnya kalo disentuh masih keras.. aku langsung ambil satu dan minta di timbang.. beratnya ga sampe dua kilo, harganya 70rb an. sekilonya 52rb saja.. yah beda tipis lah dengan pasar gede.. dengan hati senang aku minta tenggiri langsung di bersihkan, beberapa bagian minta di potong untuk di steak, sisanya di fillet buat di campur dengan tenggiri pasar gede.. buat dijadikan pempek..

Sagu tani dapetnya di carrefour. meski ga bagus2 amad dengan sagu tani palembang yah paling ngga ada sagunya.. pulang dengan hati senang, lanjut dengan proses membuat pempek dan mempersiapkan bahan buat malbi yg dimasak subuh nanti.. buat dinnernya sudah disiapkan marinate fresshh tenggiri.. untuk di steak..

Steak Tenggiri

kekecewaan dan kecapean ku hari itu terbayarkan dengan dinner fresh steak.. lebaran kali ini juga banyak pelajaran yang bisa diambil.. lebaran pertama bersama suami… and im happy.

thanks ya honey🙂

Leave a Reply

