Recipe: Homemade Gnocchi


have you ever seen my homemade gnocchi shared on facebook or instagram? Want to try to made it yourself at home? hehe
Gnocchi itu adalah sejenis pasta dari italia yang terbuat dari potato starch (tepung kentang), but it would be taste better if you make it from steam fresh potato alias kentang rebus yang di haluskan.. Sering ato pernah buat donat kentang? nah cara membuatnya ga beda jauh..

Gnocchi sendiri pertama kali ku coba buat itu di rumah ibuku di palembang, karena pasta jenis ini bahan-bahannya yang sederhana, jadi coba-coba ber eksperimen sendiri di rumah, dengan harapan nanti kalo pindah ke solo, bakal di cicip suamiku.. Sebenernya semua jenis pasta, seperti Spaghetti, Fetucinni, ato Ravioli bisa di bikin sendiri di rumah, tapi harus di dukung dengan alat yang memadai.. tau alat buat bikin kulit pisang molen? ato bikin mie? naahh, itu dia alatnya.. harganya lumayan yang bagus banget sekitar 200K, mungkin nanti kalo dah punya dapur sendiri baru bakalan beli alatnya, biar enak bisa bikin pasta sendiri dirumah..

Gnocchi itu bikin nya gampang2 susah, yang penting kita rela ngotorin dapur dan alat2 dapur lainnya, karena gnocchi diadon menggunakan tangan.. bermain-main dengan tepung, di potong menggunakan pisau, dan di rebus dengan air, minyak dan garam..
Proses tersebut lumayan panjang, Duh jadi berimajinasi, nanti kalo punya anak, bisa bikin gnocchi bareng-bareng,, anakku bantuin ngadon gnocchi, dan papa nya motongin hehehe..

Gnocchi jadi makanan favorite suami, sejak tau kalo pasta gnocchi bisa di bikin dirumah.. suami suka menyantap gnocchi dengan alfredo sauce.. yang bisa di buat atau juga yang siap pakai.. ditambah tumisan udang dengan bawang putih atau rebusan ayam dan brokoli.. hhmm yumm

gnocchi

Homemade Gnocchi

3 Buah kentang ukuran sedang atau 2 buah kalo ukuran nya besar-besar.. jenis kentang boleh apa saja, tapi lebih bagus lagi kalo kentang yang berkualitas seperti yg dijual di supermarket..
1 Butir Telur
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica
1Kg Tepung Terigu Cakra Kembar atau Segitiga Biru.. tepung nya ga di pake semua kok kalo saya kira-kira 250 – 400gr, ini di sediakan untuk jaga-jaga, buat taburan..
1 liter Air untuk rebusan

Methods:

  • Kentang di bersihkan lagi di rebus hingga matang, Gunakan garpu untuk mengetest kentang nya udah mateng atau belum.. Kondisi kentang yang sudah matang, ketika di tusuk garpu, terasa lembut ga ada yang mengganjal.. proses nya bisa 30 menit – 45 Menit
  • Setelah Matang, Kentang di tiriskan dan didinginkan terlebih dahulu.. untuk mempercepat proses bisa di rendam dengan air matang dingin ya.. diamkan sampe bisa dikupas..
  • Kupas kentang, lalu haluskan dengan menggunakan Masher kentang, kalo ga ada bisa menggunakan parutan keju..Aku lebih memilih menggunakan parutan keju karena lebih mudah dan simple, kalo mau teksturnya lebih halus lagi.. saring kentang halus tadi sambil ditekan menggunakan saringan stainless steell
  • Beri ketang halus dengan garam, merica dan kocokan telur.. uleni sampe rata..
  • Terakhir, Masukan tepung terigu sedikit demi sedikit, sambil di uleni hingga kalis, tapi jangan terlalu kalis.. terlalu banyak terigu membuat adonan keras.. tergantung kita mau teksturnya keras, keras banget ato lembut. atur dengan menambahkan atau mengurangi gandum.. kalo buatku, ketika adonan sedikit kalis, tapi tidak terlalu lengket, dan adonan sekiranya sudah bisa dibentuk itu udah cukup..
  • Siapkan alas kayu ato chopping board, bisa juga menggunakan meja makan, dilapisi plastik/aluminium foil.. beri taburan terigu.. agar tidak lengket..
  • Ambil sedikit bagian adonan, diuleni lagi sebentar, lalu digulung memanjang menggunakan kedua tangan.. tebalnya hingga 1 cm.. lalu potong potong bites size atau sesuai selera, membentuk gnocchi pillow, atau bantal gnocchi.. sisihkan di nampan yang sudah di taburi terigu..
  • Sambil membuat gnocchi pillow, rebus air hingga mendidih, beri sedikit garam dan 1 Sdm minyak sayur..
  • Setelah semua adonan selesai.. dan air sudah mendidih masukkan gnocchi sedikit demi sedikit, ini agar gnocchi tidak menyatu satu sama lain.. lalu biarkan hingga gnocchi mengapung..itu artinya gnocchi sudah matang dan siap untuk di angkat..
  • Tiriskan Gnocchi, lalu gnocchi siap diolah...

gnocchi sangat pas di hidangkan bersama dengan creammy sauce siap pakai yang bisa di beli di supermarket, ato buat sauce alfredo sendiri.. tapi kalo mau praktis di supermarket udah banyak dijual saus pasta siap saji, tinggal pilih mana yang disuka.. kombinasikan dengan protein seperti udang, daging, ayam atau sayuran.. semua klop bersama dengan gnocchi hmmm yumm

sisa gnocchi yang tidak terpakai bisa di simpan dalam kulkas tahan hingga 1 minggu atau bisa juga dalam frezzer tahan hingga 2 minggu.. tapi dianjurkan untuk diolah segar..

my husband fave menu are gnocchi with alfredo sauce, mix with sautee garlic prawn, and sometimes with broccoli.. it would be next recipe to share..

selamat mencoba

One thought on “Recipe: Homemade Gnocchi

  1. Pingback: Homemade Gnocchi with Alfredo sauce | Keluarga Sony

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s