Kegalauan Toksoplasma


Uwwooow.. gara2 hari ini, akhirnya ada cerita deh.. Kekhawatiran akhirnya dateng pas banget setelah kejadian 3 hari yang lalu. Pasalny itu kemaren, ga sengaja si papa “kelupaan” dan otomatis kita berdua jadi kaget. Karena smua sudah direncanakan dengan matang.. akhirnya harus 180 derajat berubah total.. Ya jelas jadi galau donk…

Hal utama yg dikhawatirkan sih sebenernya sepele tapi karena kondisinya jikalau sampe beneran yah bakal bikin perubahan besar. Karena riwayat ku yang satu tahun belakangan “ngopeni” kucing trus, dari Emak-an kucing liar sampe punya kitten, trus jadi kucing rumahan, trus kitten nya dah gede punya anak lagi.. dst dst, tapi jadi beneran kepikiran sekarang.. Kenapa ngga, dari makan, sampe bersihin *poop* yang sembarang itu udah jadi tugasku selama di palembang.. Sebenernya ga masalah karena selama meliharanya itu bener, dalam artian dijaga yang bener, bersih dan lain lain. ya tapi namanya juga takut trus jadi kepikiran, kepikiran yang macem-macem, apa mungkin kemarin pernah melakukan kesalahan yang ga di sengaja, akhirnya jadi cemas dan khawatir..

Karena sebelumnya ga tau apa-apa, tapi semenjak memelihara kucing itu jadi nambah ilmu, jadi banyak pengentahuan, asal muasal kenapa kucing di judge sebagai pembawa “bisa ga bisa punya anak” itu kenapa? Kenapa kucing selalu di identikkan sama janin dan kandungan, semua sudah tau dan kosekuensinya melihara kucing kampung itu seperti apa juga udah paham, Aslinya virus toksoplasmosis itu ga dari kucing aja sih, penyebab virus tokso bisa sampe ke tubuh manusia itu karena apa dan bagaimana dan ternyata hampir semua penyebab nya itu hampir pernah dialami sengaja ato ga sengaja..

Pertama

Aku suka hewan peliharaan yang namanya kucing… Dari duluuu sejak kecil.. senennngg banget sama kucing, kucing tuh dah kek tempat curhat, meskipun kecilnya ga pernah melihara kucing, dan gedenya baru kesampean melihara kucing.. sampe akhirnya kucing kampung berani diadopsi, dari kucing liar yang udah punya bawaan anak, trus sampe tuh kucing hamil lagi.. dst dst.. kan kita ga tau riwayat kucing itu gimana, akhirnya jadi kucing rumahan nah kalo masih kitty kan *poop* nya suka sembarangan tuh.. mau ga mau kan harus di bersihkan..

Dan dari situ aku ga tau asal muasal kucing itu bebas tokso apa ngga… sapa tau kucing ku pernah makan tikus yg fakta nya tikus sumber dari virus tokso itu sendiri.. kan ga tau kucing ku pernah ato ga ya.. Ato mungkin saat aku bersih2, pernah kena kontak langsung sama *poop* nya trus cuci tangan nya kurang bersih.. naaahhh trus karena virus tokso bawaan dari *poop* nya si kucing.. ini yg jadi kekhawatiran ku..

Kedua

Saat Mengolah daging mentah ternyata juga bisa jadi sumber Tokso juga.. kok bisa? hasil dari googling loh, kebanyakan artikel, entah dari dokter A, ato artikel luar pun juga bilang nya sama.. Selama ini masak ato mengolah makanan, bisa jadi saat itu teledor ato lupa tidak langsung membersihkan chop-board setelah mengolah daging mentah.. trus langsung di pake buat motong-motong sayur buat lalapan ato yang lainnya.. dan ternyata daging mentah pun bisa jadi sumber tokso.. *parah*

Ketiga

Berkebun juga Hobby baru ku waktu itu, itu pun berbarengan dengan hobby melihara kucing, memanfaatkan lahan untuk di tanamin sesuatu yang berguna seperti sayuran dan buah and buat masak terutama.. Tanah yang di olah untuk berkebun biasanya kan dari kotoran sapi.. pupuk kandang lah istilahnya.. ato bisa jadi kucing-kucing ku numpang *poop* disana, dan aku ga tau akan itu.. dan ternyata tanah pun bisa jadi sumber virus tokso.. masuk akal juga, itu makanya bule2 sana klo berkebun suka pake sarung tangan, beda dengan kita kebanyakan pake tangan langsung.

Keempat

Mengonsumsi daging harusnya dalam kondisi matang, di olah dengan suhu 100 derajat, lah gimana dengan Sushi dan sashimi? Asal masakan dari jepang yang pure mentah, aku juga doyan makan sushi, wah ternyata makan makanan mentah seperti sushi jga jadi faktor. Mungkin sebagian besar harusnya ga masalah ya. Tapi inikan indonesia, jelas khawatir, tapi aku juga ga tau daging mateng yng di kategorikan disni daging mamalia kah ato termasuk daging ikan? selama sushi enak ya hajar ajaa.. Jadi makin galau..

Dari keempat hal itu lah yang di khawatirkan kemarin itu, begitu tau Papa “kelupaan” langsung khawatir sama toksoplasma, karena sebelumnya kita belum pernah konsultasi ke ahlinya langsung, yaaa Cuma bekal googling sana sini.. akhirnya dari pada khawatir cemas ga karuan, kita mutusin buat mempercepat TORCH Check up..

Hari rabu di jadwalin buat cek up ke dokter, karena takutnya aku positif *isi* dan kalo Dokter bilang aku *Isi* beneran, trus pas di cek TORCH juga aku positive kena toxo, otomatis semua planning bakal berubah total.. Smua difokuskan ke arah *itu*.. karena  pas banget dengan bulanan yang telat beberapa hari :p.. kalo sampe telatnya 1 mingguan kan berarti bisa jadi beneran hamil, tapi dari pada nunggu satu minggu lagi, terus jadi takut sama tokso, and pengaruh tokso begitu parah nya, jadinya 3 hari telat udah mau di cek ke dokter..

Udah janjian rabu mau ke dokter, trus ternyata titik cerah muncul.. pagi nya si bulan ternyata dateng…  yang artinya ga *isi* donk. Hilang sudah satu ke khawatiran,, karena takut ya, belom cek TORCH tau-tau keburu hamil duluan.. Tapi hari itu Tes nya tetep di lanjutin.. Begitu sampe di rumah sakit, Si papa daftar ke Rekam Medic.. trus aku langsung di tes tekanan darah.. and di interogasi sama suster disana.. Dan gak lama dokter datang, akhirnya konsultasi sama dokter di tempat.. sampe akhirnya kembali menemukan titik terang.. yang tadinya rencana mau sekalian tes kehamilan, kan Batal tuh gara2 tadi pagi si bulan dateng.. nah jadilah konsultasi tentang masalah si TORCH ini…

Emang si Torch berbahaya, tapi jarang terlalu di takutin, malah si dokter bilang usahakan untuk tenang, karena tar Cuma gara-gara takut tokso, mau hamil jadi ga hamil-hamil… kalo pun sampe beneran tokso, toh masih bisa di obati..

Trus aku tanya, kalo sampe hamil beneran trus positiv tokso nya gimana dok?”

trus si dokter jawab “Itu ga masalah, karena dalam kondisi hamil pun tokso bisa di obati dengan obat sesuai dengan kadar infeksi..”

Emang Sepele, tapi berresiko.. toh faktanya tokso itu nyatanya emang bisa bikin bayi cacat, lahir prematur, sumbing bahkan keguguran…

Si Dokter juga bilang, kalo pengantin baru jgn khawatir masalah itu, kalo misalnya mo punya anak, trus dah setahun lebih ga dapet2 juga.. ato pernah ada riwayat keguguran.. nah itu baru perlu untuk di periksa darah untuk di cek TORCH nya…”

“Tapi kalo mau di cek sebelum merencanakan kehamilan sih ga masalah.. pas lagi hamil pun juga gapapa..”

“saya dan istri juga kecilannya sama kucing soalnya”

Jadi curhat deh dokternya

“Jadi intinya ga perlu khawatir.. Harus HAPPY gitu.. karena kalo stress justru malah bikin ga hamil-hamil.. ga perlu khawatir mikirin macem2.. kalo mo dipastiin di cek TORCH sekarang boleh aja, ato nanti keburu hamil belum cek TORCH ya juga ga masalah..”

Aku jadi sempet kepikiran, pas merried kemarin banyak tuh tante, tetangga, nenek, sampe keluarga lain nya yang nakut-nakutin kalo kucing itu bikin kita ga bisa hamil trus keguguran.. ga bisa punya keturunan dan lain-lain nya.. ya ampun, baru nikah malah di takut-takutin gitu.. U_U tapi aku juga ga takut saat mereka bilang gitu karena aku yakin, kalo tokso sekarang ini sudah ada obatnya, dan bisa di obati, ga jaman bahula lagi.. yah positive thinking aja terus..

source: wikipedia.org

Padahal sebenernya, kenyataannya bukan kucing aja sumber tokso.. faktor lain juga banyak. Sampe bosen googling tentang tokso..  sampe bosen bacain tentang asal muasal, gejala indikasi penderita tokso yang hampir ga bisa di deteksi kalo kena tokso (baca disini), sampe baca pengalaman ibu-ibu yang sama takutnya sama si Tokso ini (baca disni), juga bacain pengaruh tokso buat janin dan bayi (baca disni)  namun sekarang tetap punya baby yang sehat-sehat.. ada juga yang punya pengalaman keguguran 3x karena ga tau kalo dirinya kena infeksi tokso.. dan sampe akhirnya tau and they said.. “Better late than never” tuh sampe pikiran mereka positif thinking kek gitu…

Yang penting sekarang tetep HAPPY aja seperti kata dokter nya (forgive me, sampe ga tau nama dokternya tadi sankin antusias banget tanya tentang tokso).. semua pasti ada solusinya.. dan sukurlah rencananya ga berubah.. Galau nya ga jadi deh..

Next time bakalan trus sharing, because future we’re never know..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s