Recipe: Sapo Tahu Seafood


Beberapa waktu yang lalu saya bikini menu special buat suami, mengingat dulu suami suka banget kalo ke resto pesen nya sapo tahu.. aku kenal sapo tahu juga dari dia, inget dulu pertama kali ke Java Resto, Papa ngenalin Menu Sapo Tahu abalone , Harganya mahal, karena bahan nya emang mahal.. dan pernah juga makan di resto yang skarang sudah tutup, ngenalin sapo tahu ayam.. dan rasanya juga ga kalah enak..

Waktu masih di Palembang, aku udah bikin to-do list yang bakal aku kerjakan nanti saat pindah ke solo, salah satu nya membuatkan menu Sapo Tahu buat Suamiku.. Bekal searching di google, ketemu ratusan resep sapo tahu dari berbagai versi, sampe akhirnya aku bingung yang bener nih yang mana ya.. takut salah. Akhirnya ku pahami, bumbu inti buat bikin sapo tahu itu apa..

Karena rasa sapo tahu yang kaya akan cita rasa ikan dan jahe yang menghangatkan, bingung karena takaran yang pas dan bener itu yang mana karena versi nya banyak banget..  akhirnya nebak-nebak aja.. karena sapo tahu isinya kan banyak, jadi harusnya tiap jenis sayuran nya ga perlu banyak-banyak.. Karena kalo udah di campur, jadinya banyak sekali..

Dan untung nya first trial nya sukses, testimony dari suami ku bilang nya Enaaak, aku langsung dimanjain dengan kata-kata itu, ini terbukti dengan tingkahnya suami yang nyendok sapo tahu nya trus haha.. Mau tau resepnya gimana, yuk mari..

20130210_195542

Sapo Tahu Seafood

Bahan Isian:

300gr Udang
150gr Cumi
100gr Sawi Putih
3 kuntum pak choy
20gr Jamur Kuping kering
1 bks Eeg Tofu biasa / rasa  udang
500ml Air
½ bh bawang Bombay ukuran sedang
1 Batang daun Bawang ukuran Besar

Bumbu:

5 Siung Bawang Putih
2 cm Jahe
3 Sdm saus tiram
2 sdm Kecap ikan/Anchovys Sauce
1 Sdm kecap asin
1 sdm minyak wijen
Garam dan merica secukupnya

Optional:  2 sdm cairan tepung maizena

Method:

  1. Kupas kulit udang sisakan bagian ekor lalu Bersihkan kotoran di bagian punggung udang, Bersihkan Cumi dari tinta, dan Potong Cumi sesuai selera, lumuri sedikit garam dan air perasan jeruk nipis, lalu sisihkan
  2. Cuci bersih sayuran sebelum di potong, potong daun bawang menyerong, Sawi potong horizontal, Pak Coy potong memanjang, sedangkan bawang Bombay memanjang/persegi.
  3. Tiriskan air Rendaman Jamur Kuping, Potong-Potong sesuai selera, sisihkan
  4. Potong 1 bks Eeg tofu dibagian tengah, lalu tekan perlahan bagian bawah sampe tofu keluar dari bungkus.. Potong horizontal, ukuran 1 cm, lalu goreng dengan minyak panas..  Masak hingga kuning kecoklatan, lalu tiriskan
  5. Jahe dan Bawang putih memarkan dan dirajang halus, Sisihkan
  6. Panaskan 3 sdm minyak kedalam wajan/kuali, tumis bawang putih dan jahe hingga harum (atau sedikit gosong) lalu masukan bawang bombay lalu tumis hingga bawang bombay layu..
  7. Masukkan udang dan cumi, di aduk hingga kaku.. beri sedikit air agar seafood tidak gosong..
  8. Beri garam dan sedikit merica, sambil di aduk kembali. Masukkan bumbu cair seperti saus tiram, kecap ikan, kecap asin, dan minyak wijen kedalam wajan, lalu aduk hingga merata
  9. Masukkan Jamur Kuping, di aduk rata kembali. terakhir diberi Air. Rebus selama 5 menit sambil di aduk sesekali
  10. Masukkan cairan tepung maizena sambil di aduk-aduk *optional
  11. Kecilkan api kompor lalu, Masukkan Tofu goreng, Pak choy dan Sawi.. diaduk rata
  12. Terakhir masukkan daun bawang, diaduk, dan di rebus selama 2 menit..
  13. Matikan kompor, langsung pindahkan kedalam mangkuk ukuran besar..
  14. HIdangkan dengan nasi Hangat ato disantap langsung begitu saja🙂

Porsi 3 – 4 orang

Tips:

  1. Persiapkan terlebih dahulu semua bahan sebelum melakukan proses memasak.
  2. Menggoreng tofu dengan wajan anti lengket dengan minyak sedikit, alias bukan deep fry. Kecuali kalo menggunakan Kuali, diharuskan dengan minyak banyak dan dalam minyak kondisi panas, agar tofu tidak lengket ke dasar.. Balik sesekali jangan terlalu sering, karena tofu akan mundah pecah
  3. Rebus sayuran pada saat terakhir agar sayuran tidak terlalu matang..
  4. Pintar-pintar menggunakan api kompor, pada saat menumis disarankan menumis menggunakan api besar, dengan kondisi memasak cepat lalu kecilkan api ketika tahap perebusan..
  5. Kalo saya pribadi saat menumis bawang putih, tumis hingga bawang putih sedikit kecoklatan, karena saya suka aroma bawang putih yang matang.. dibanding dengan bawang putih yng hanya di tumis wangi  rasanya lebih rich atau kaya, tapi terserah sih :p, mana yang menurut kalian cocok..
  6. Jika kuah terlalu kental dan ingin ditambahkan air, tambahkan lagi bumbu2 cair agar rasa tidak hambar masing2 1 sdm /200ml

Selamat Mencoba!!!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s